Pengembangan Manajemen Server Menggunakan SMS Gateway

Authors

  • Nico Augustiawan Politeknik Caltex Riau
  • Yusapril Eka Saputra Politeknik Caltex Riau
  • Wawan Yunanto Politeknik Caltex Riau

Abstract

Komputer server pada umumnya menyediakan service atau layanan – layanan yang harus terus hidup untuk menunjang kinerja dan penggunaan dari sebuah jaringan yang dikelola oleh seorang administrator. Service dapat dikelola hanya jika unit server berada didekat pengguna, tetapi bagaimana jika service pada server sedang mati dan admininstrator tidak berada didekat server untuk menghidupkannya. SMS Gateway merupakan salah satu media komunikasi yang banyak digunakan terutama untuk menerima dan mengirim pesan tanpa menggunakan jaringan internet. SMS Gateway dapat digunakan sebagai media komunikasi alat pengendali jarak jauh. Projek akhir ini bertujuan untuk membuat alat manajemen server pada komputer server Linux menggunakan SMS dan modem GSM sebagai media komunikasi antara komputer server dengan telepon selular. Untuk pengiriman SMS akan dibuat sebuah aplikasi Android untuk mempermudah pengiriman data informasi manajemen server dengan antarmuka yang mudah dimengerti. Terdapat dua pengujian yang dilakukan yaitu pengujian blackbox dengan menentukan keberhasilan dan response time dari aplikasi sistem dengan tingkat keberhasilan 99% dan response time yang disesuaikan dengan sinyal, dan pengujian kuesioner terhadap responden yang menghasilkan responden sangat setuju dengan sistem yang dibuat.

Author Biographies

Nico Augustiawan, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Yusapril Eka Saputra, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

Wawan Yunanto, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Syahfizan, M.R. (2010). Rancangan Bangun Sistem Berbasis Web Untuk Manajemen Service Pada Sistem Operasi Linux. Teknik Komputer, Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru.

Prayogo, T.D. (2011). Sistem Monitoring Jaringan pada Server Linux dengan Menggunakan SMS Gateway. Teknik Informatika, FMIPA UNDIP, Jawa Tengah.

Novianti, A.G. (2011). Aplikasi Berbasis Smartphone untuk Manajemen Server Pada Private Cloud Computing. Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan anajemen, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, Papua.

Kristanto, D. (2002). Web browser: Server & Client. Materi Kuliah Desain Grafis Web. Diakses pada tanggal 9 Agustus 2015, dari http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/browser/server_client.html

Triseptian, A. (2010). Pengembangan Sistem Informasi Tugas Akhir berbasis Web Untuk Sistem Informasi Akademik Universitas Atma Jaya Yogyakarta(Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma jaya, Yogyakarta.

Saputra, A. & Syafrizal, M. (2012). Perancangan dan implementasi Mail server pada CV.Sanjaya Anugerah Sejahtera(ISP Jogjaringan) berbasis Open Source. Jurnal Dasi, 13, 2.

Purbo, O.W., Maryanto, D., Widodo, W. (2000). Buku Pintar Internat: Membangun Server Internet Berbasis FreeBSD. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Bretthauer, D. (2001). Open Source Software: A History. UConn Libraries Published Works, Paper 7.

Savitri, C.A., & Sevani, N. (2012). Aplikasi monitoring akses dan shutdown komputer menggunakan SMS. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer, 01, 392.

Lee, W.M. (2012). Beginning Android™ 4 Application Development. Indianapolis: John

Wiley & Sons, Inc.

Published

2017-01-31

Issue

Section

Artikel