Sistem Informasi Penilaian Partisipasi Mahasiswa dalam Berdiskusi Secara Online Menggunakan Metode Content Analysis
Abstract
E-learning merupakan penggunaan teknologi elektronik untuk mengirim, mendukung, dan meningkatkan pembelajaran, dan penilaian. Salah satu fitur yang dimiliki e-learning ialah forum diskusionline.Pada forum diskusi tersebut dosen dapat mengukur partisipasi mahasiswa dengan melakukan penilaian berdasarkan isi pesan yang diinput mahasiswa. Dosen akan menilai apakah pesan mahasiswa tersebut sesuai dengan topik yang diberikan. Jika pesan masih berjumlah sedikit, penilaian langsung atau yang dilakukan secara manual dapat dilakukan namun jika pesan dalam jumlah yang banyak, dosen akan kesulitan dalam menilai. Dari permasalahan tersebut maka dibangun Sistem Informasi Penilaian Partisipasi Mahasiswa. Sistem informasi ini menerapkan metode Quantitative Log File (QLF) untuk mengoleksi jumlah keyword yang sesuai serta rubric dalam melakukan penilaian. Sistem ini diintegrasikan dengan e-learning yang dibangun menggunakan moodle. Sistem telah diuji menggunakan whitebox testing terhadap kode program QLF dan Rubric. Pengujian berdasarkan metode cyclomatic complexity  terdapat 32 jalur uji. Jalur tersebut selanjutnya diuji test case, berdasarkan hasil uji diperoleh persentase keberhasilan sebesar 100%. Selain itu dilakukan juga pengujian kuesioner terhadap 12 responden, dari hasil pengolahan sebanyak 80,8% responden menyatakan setuju dan memberikan respon positif terhadap sistem penilaian.References
Surjono, Herman D. (2010). Membangun Course E-Learning berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Krippendorff, Klaus. (2004). Content Analysis: An Introductions to its Methodology (2nded.). California: Sage Publication.
Buana, Alfia I. (2009). Pesan Dakwah Dalam Film Analisis Isi Film 3 Doa 3 Cinta Rumah Produksi IFI (Investasi Film Indonesia) Dan Triximages. Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.
Daulay, Pardamean. (2008). Analisis Isi Topik Diskusi Interaktif Mahasiswa Universitas Terbuka Dalam Fitur “Forum Komunitas Ut Onlineâ€. Surabaya: Universitas Terbuka.
Yulina, Syefrida (2012). Assessment of Participation Using Rubric for Online Discussion. Johor, Malaysia: University Teknologi Malaysia.
Putra, Trisna P. (2013). Analisis Isi Pesan Electronic Word-Of-Mouth Mengenai Produk Telepon Seluler Dalam Forum Diskusi Online “Kaskusâ€. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Sinaga, Holmes J. (2012). Analisis Isi Pesan Nilai Sosial Dalam Iklan Pepsodent Di Televisi. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Bruckman, Amy. (2006). Analysis of Log File Data to Understand Behavior and Learning in an Online Community. Georgia Institute of Technology.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.