Sistem Informasi Penilaian Partisipasi Mahasiswa dalam Berdiskusi Secara Online Menggunakan Metode Content Analysis

Authors

  • Chasfriati Filja Politeknik Caltex Riau
  • Mardhiah Fadli Politeknik Caltex Riau
  • Syefrida Yulina Politeknik Caltex Riau

Abstract

E-learning merupakan penggunaan teknologi elektronik untuk mengirim, mendukung, dan meningkatkan pembelajaran, dan penilaian. Salah satu fitur yang dimiliki e-learning ialah forum diskusionline.Pada forum diskusi tersebut dosen dapat mengukur partisipasi mahasiswa dengan melakukan penilaian berdasarkan isi pesan yang diinput mahasiswa. Dosen akan menilai apakah pesan mahasiswa tersebut sesuai dengan topik yang diberikan. Jika pesan masih berjumlah sedikit, penilaian langsung atau yang dilakukan secara manual dapat dilakukan namun jika pesan dalam jumlah yang banyak, dosen akan kesulitan dalam menilai. Dari permasalahan tersebut maka dibangun Sistem Informasi Penilaian Partisipasi Mahasiswa. Sistem informasi ini menerapkan metode Quantitative Log File (QLF) untuk mengoleksi jumlah keyword yang sesuai serta rubric dalam melakukan penilaian. Sistem ini diintegrasikan dengan e-learning yang dibangun menggunakan moodle. Sistem telah diuji menggunakan whitebox testing terhadap kode program QLF dan Rubric. Pengujian berdasarkan metode cyclomatic complexity  terdapat 32 jalur uji. Jalur tersebut selanjutnya diuji test case, berdasarkan hasil uji diperoleh persentase keberhasilan sebesar 100%. Selain itu dilakukan juga pengujian kuesioner terhadap 12 responden, dari hasil pengolahan sebanyak 80,8% responden menyatakan setuju dan memberikan respon positif terhadap sistem penilaian.

Author Biographies

Chasfriati Filja, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Mardhiah Fadli, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Syefrida Yulina, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Surjono, Herman D. (2010). Membangun Course E-Learning berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Krippendorff, Klaus. (2004). Content Analysis: An Introductions to its Methodology (2nded.). California: Sage Publication.

Buana, Alfia I. (2009). Pesan Dakwah Dalam Film Analisis Isi Film 3 Doa 3 Cinta Rumah Produksi IFI (Investasi Film Indonesia) Dan Triximages. Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

Daulay, Pardamean. (2008). Analisis Isi Topik Diskusi Interaktif Mahasiswa Universitas Terbuka Dalam Fitur “Forum Komunitas Ut Online”. Surabaya: Universitas Terbuka.

Yulina, Syefrida (2012). Assessment of Participation Using Rubric for Online Discussion. Johor, Malaysia: University Teknologi Malaysia.

Putra, Trisna P. (2013). Analisis Isi Pesan Electronic Word-Of-Mouth Mengenai Produk Telepon Seluler Dalam Forum Diskusi Online “Kaskus”. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Sinaga, Holmes J. (2012). Analisis Isi Pesan Nilai Sosial Dalam Iklan Pepsodent Di Televisi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Bruckman, Amy. (2006). Analysis of Log File Data to Understand Behavior and Learning in an Online Community. Georgia Institute of Technology.

Published

2016-05-26

Issue

Section

Artikel