Pembelajaran Rambu-Rambu Lalu Lintas Menggunakan Eye Tracking
Abstract
Zaman sekarang, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Hal ini berpengaruh pada kemajuan teknologi komputer. Salah satu penerapan teknologi komputer adalah membantu mengatur tertib berlalu lintas. Dahulu, orang menggunakan buku sebagai media belajar kepada anak-anak. Namun, pengetahuan yang mereka dapatkan masih kurang. Teknologi yang berinteraksi dengan manusia menggunakan mata sebagai alat penggerak adalah alat eye tracker. Alat eye tracker membantu manusia dalam melakukan berbagai hal, seperti pembelajaran menggunakan eye tracking. Suatu pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan berbagai hal kepada anak-anak. Salah satu objek pembelajaran bagi anak-anak yaitu rambu lalu lintas. Dengan adanya media pembelajaran rambu lalu lintas, mampu memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas kepada anak usia dari 6 sampai 11 tahun. Pada penelitian ini dilakukan pengujian sistem melalui observasi dan demonstrasi. Pengujian yang telah dilakukanbahwa jarak visual eye tracker adalah 45cm - 75cm. Pergerakan kepala dengan melihat kekiri dan kekanan dapat menghilangkan visual eye tracker. Alat eye tracker dapat mendeteksi ketika pengguna menutup salah satu mata dan menggunakan kacamata biasa. Tingkat pencahayaan ruangan tidak mempengaruhi alat eye tracker untukmendeteksi mata. Hasil Demonstrasi yang telah dilakukan terhadap 10 responden bahwa pembelajaran rambu lalu lintas menggunakan eye tracking dapat memudahkan anak-anak dalam memahami arti rambu lalu lintas.References
Mashuda, Ary. (2014). Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berbasis Kinect.
Satlantas Polres Kediri. (2010). Rambu-Rambu Lalu Lintas.
Markas Tekno.Media Pembelajaran. Retrieved April19, 2015, fromhttp://markastekno.com/2013/04/
IT University of Copenhagen.The Eye Tribe. Retrieved December21, 2014, fromhttp://theeyetribe.com/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.