Aplikasi Penyusunan Material Bangunan PT. Supraco Indonesia (Area Duri-Dumai) Menggunakan Market Basket Analysis

Authors

  • Rizkyana Rizkyana Politeknik Caltex Riau
  • Diah Kesuma Wardhani Politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Ihsan Zul Politeknik Caltex Riau

Abstract

Data transaksi penyusunan material dalam jumlah yang besar merupakan salah satu hal yang sulit untuk dianalisa. Dengan adanya data mining memudahkan pengambilan keputusan yang digunakan untuk menganilis data penjualan dari suatu perusahaan. Dalam tahap perkembangan perusahaan PT. Supraco Indonesia, untuk melihat pembelian pola pelanggan pada inventory gudang PT. Supraco Indonesia hanya melihat dari data mentah atau data yang belum diolah sama sekali dalam berupa tabel. Pada aplikasi penyusunan material bangunan ini mempunyai input minimum support, minimum confidence, dan kumpulan data transaksi dalam file excel. Sistem ini memproses data transaksi penjualan menggunakan market basket analysis dengan algoritma apriori dan memangkas data transaksi penjualan dengan minimum support dan minimum confidence. Hasil dari aplikasi ini adalah market basket analysis dalam pernyataan “jika-maka” dan grafik yang dapat memberikan gambaran kepada pengguna berupa analisa kombinasi dari setiap barang. Dari hasil kuisioner transaksi penjualan diperoleh nilai kepuasan penggunaan aplikasi rata-rata sebesar 76% (dikategorikan sebagai baik).

Author Biographies

Rizkyana Rizkyana, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Diah Kesuma Wardhani, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Muhammad Ihsan Zul, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Warman John. 2012. Manajemen Pergudangan. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Rusly, Hendra (2004). Pembuatan Software Datamining untuk Membentu Pengambilan Keputusan dengan Menggunakan Metode Market Basis Analysis pada Perusahaan X. Diambil 11 Oktober 2015 dari

Yulianto., Charitas Fibriani, dan Ramos Somya. (2012). Market Basis Analysis Menggunakan Association Rule untuk Menentukan Pola Pembelian Pelanggan. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.

Muliono, Yohana Dewi Lulu, dan Kartina Diah Kesuma Wardhani. (2013). Aplikasi Pembelajaran Keterkaitan Barang dari Transaksi Penjualan dengan Metode Market Basket Analysis (MBA). Pekanbaru : Politeknik Caltex Riau.

Miselina, Mardhiah Fadli, dan Yohana Dewi Lulu (2014). Market Basket Analysis Pola Pembelian Pelanggan Pada Toko Kue (Studi Kasus : L’ Cheese Factory). Pekanbaru : Politeknik Caltex Riau.

Kusrini, dan Emha Taufik Luthfi. 2009, “Algoritma Data Mining”, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Budhi, Gregorius Satia., dan Felicia Soedjianto.(tt). Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis pada Tabel Data Absensi Elektronik untuk Mendeteksi Kecurangan Absensi (Checklock) Karyawan di Perusahaan. Surabaya : Petra Christian University.

Kadir, Abdul. (2008). Dasar Pemrograman WEB Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta : Andi.

Bahadi, Arief Nake. (2011). Analisis dan Perancangan Aplikasi data mining Berbasiskan Web menggunakan algoritma apriori. Diambil 15 Januari 2013 dari.http://library.binus.ac.id/CollectioTypeequationhere.ns/ethesis_detail/2011-1-00075-IF.

Published

2017-01-31

Issue

Section

Artikel