Rancang Bangun Sistem Motion Capture Dan Motion Database Untuk Simulasi Pergerakan Karakter Animasi Manusia 3D

Authors

  • William Antonius Politeknik Caltex Riau
  • Maksum Roi's Adin Saf Politeknik Caltex Riau
  • Meilany Dewi Politeknik Caltex Riau

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang animasi 3D saat ini berkembang pesat. Animasi banyak dijumpai pada game maupun perfilman yang memberikan informasi, baik positif maupun negatif. Banyak perusahaan yang memproduksi animasi menyerupai gerakan manusia. Animasi dibuat dengan menyusun frame demi frame secara berurutan sehingga membentuk suatu gerakan. Terkadang jenis gerakan animasi yang dibuat, perlu digunakan kembali untuk beberapa karakter, sehingga harus membuat lagi jenis gerakan animasi yang sama untuk karakter lainnya. Untuk itu, dibangun sistem dan add-ons yang membantu dalam pembuatan animasi. Sistem ini berfungsi untuk menangkap dan menyimpan gerakan model (objek manusia) dengan teknik motion capture menggunakan perangkat Kinect. Kinect akan menangkap gerakan berupa titik koordinat dari setiap sendi model dan disimpan ke database. Kemudian add-ons berfungsi untuk mengolah data gerakan yang telah disimpan untuk diterapkan ke karakter animasi dengan bantuan software 3D, sehingga data gerakan tersebut dapat digunakan kembali untuk membuat animasi pada karakter yang berbeda. Hasil penelitian yang telah dibangun dapat menyimpan lebih dari satu gerakan, sehingga mempercepat dalam pembuatan animasi, menghasilkan animasi yang lebih nyata dan dapat menangkap gerakan yang kecepatannya mencapai 4 gerakan dalam 1 detik.

Author Biographies

William Antonius, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Maksum Roi's Adin Saf, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Meilany Dewi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Astuti, Fitri Widy & Cahyani, Resa Putri (2010), Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi Potensi Desa Hargobinangun Pake. Yogyakarta: AMIKOM Yogyakarta

Hasahatan, Doddy (2014), Perancangan dan Implementasi Kinect Motion Capture Sensor untuk Interaksi dan Pembelajaran Tunawicara. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau

Hasibuan, Imam Hidayat Arifin (2014), Perancangan dan Implementasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Menjadi Suara Berbasis Kinect Menggunakan Metode Dynamic Time Warping. Bandung: Institut Teknologi Telkom

Indrajit, Wisnu (2012), Rancang Bangun Sistem Motion Capture dan Database Motion untuk Robot Humanoid dengan Perangkat Microsoft Kinect Berbasis Ros (Robot Operating System). Depok: Universitas Indonesia

Krisnayati, Yayang (2012), Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Berlari dan Melompat Anak Usia 6-8 Tahun. Jawa Barat: Universitas Pendidikan Indonesia

Kurniawan, Agus (2013), Pemrograman C# untuk Pemula. Depok: Universitas Indonesia

Megawati, Nita (2010), Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Media CAI (Computer-Assisted Instruction) dengan Tipe Simulasi Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Saputra, Hasbi Dwinanto (2012), Perkiraan Pose Manusia Menggunakan 3d Cylindrical Model. Surabaya: ITS

Suryajaya, I Dewa Bagas (2013), Penerapan Microsoft Xbox Kinect Motion Capture Sensor dalam Adegan Pertarungan untuk Film Animasi 3D “Selamatkan Bumi”. Yogyakarta: AMIKOM Yogyakarta

Susianti, Elva (2010), Pengembangan Motion Capture System Menggunakan Kamera Low Cost. Surabaya: ITS

Utami, Dina (2011), Animasi Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: UNY

www.blender.org/about (t.t). Diambil 19 Agustus 2015.

www.http://tf3dm.com/3d-model (t.t). Diambil 08 Januari 2016.

Published

2017-01-31

Issue

Section

Artikel