Personal Mobile Assistant for Teenager's Health Control

Authors

  • Yasser Arapat Politeknik Caltex Riau
  • Anggy Trisnadoli Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Sebagian besar remaja Indonesia suka mengkonsumsi junk food untuk makanan mereka. Kebiasaan ini dapat menurunkan kesehatan mereka. Untuk alasan ini, remaja perlu untuk mengontrol kesehatan mereka dengan rencana diet sehat dan olahraga teratur. Teknologi dapat digunakan untuk mengendalikan kesehatan dengan menerapkan konsep Asisten Pribadi Mobile. Mobile Personal Assistant adalah Aplikasi yang bisa menjadi pelatih pribadi virtual untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan, dapat memberikan informasi gaya hidup yang membantu remaja menjaga kesehatan dengan mengendalikan pola makan yang sehat dan olahraga teratur. Aplikasi ini dibangun dengan konsep asisten pribadi ponsel berbasis Android Smartphone. aplikasi mobile ini telah diuji dan hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi memiliki kualitas yang baik dari segi sesuai dengan desain fungsi. Aplikasi telah digunakan oleh sekitar 50 pengguna dalam sebulan. Seperti yang diharapkan, semua fungsi yang bekerja dengan baik. aplikasi mobile ini telah ke menerapkan konsep Personal Ponsel Asisten karena dapat membantu remaja untuk mendapatkan informasi gaya hidup sehat seperti menjadwalkan diet sehat dan olahraga teratur, dan membuat meningkatkan kesehatan hidup mereka.

Author Biographies

Yasser Arapat, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Anggy Trisnadoli, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Pujiatun, Tri,“Hubungan Tingkat Konsumsi Energi dan Protein dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) pada Siswa Putri di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Hasibuan, Romaito, “Perilaku Makan Siap Saji (Fast Food) dan Status Gizi pada Remaja Putri di SMAN 1 Barumun Kecamatan BarumunKabupaten Padang Lawas Tahun 2014”. Medan: Universitas Sumatera Utara, 2015.

Kozbe, Barcin. & Huhns, Michael N. “The Requirements for Personal Mobile Assistants in a Mobile Telecommunications Environment”. Columbia: University of South Carolina, 2014.

Suryanto, “Perananan Pola Hidup Sehat Terhadap Kebugaran Jasmani”.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.

Hardianto, Ferdy, “Aplikasi Penjadwalan Pola Makan untuk Program Diet Berbasis Android”. Pekanbaru: Politelknik Caltex Riau, 2013.

Sari, Dhian Permata, “Hubungan Pola Makan Siswa Obesitas Kelas XI Dengan Aktivitas Fisik Di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang”.Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang, 2012.

Saraswati, Ida, “Olahraga dan Makanan Sesuai Golongan Darah”. Yogyakarta: Smart Pustaka, 2015.

IDI Jembrana Bali, “Dasar Kebutuhan dan Kecukupan Gizi”. Bali: Ikatan Dokter Indonesia Jembrana Bali, 2011.

Djatmiko, Puspitasari, 2011. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Diet Berdasarkan Genotip Berbasis Web. Surabaya: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer.

Sutrisno, dan Sopryadi, Hendri, 2014. Rancang Bangun Aplikasi Edugame “Hidup Sehat” Berbasis Vb.Net. Palembang: STMIK MD

Published

2017-01-31

Issue

Section

Artikel