Penerapan Algoritma Apriori dan Fp-Growth untuk Mengenali Pola Pembelian Pelanggan pada Elmart Swalayan
Abstract
Jumlah barang merupakan permasalahan operasional yang sering dihadapi swalayan. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka swalayan harus mengetahui pola pembelian konsumennya agar penyediaan barang menjadi lebih efektif. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengetahui pola tersebut adalah metode Association Rule. Dengan menggunakan metode ini, maka swalayan dapat mengetahui gambaran kebiasaan konsumen dalam melakukan transaksi. Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth merupakan algoritma yang menerapkan metode tersebut. Oleh karena itu pada penelitian ini dibuatlah sebuah sistem yang bisa mengenali pola pembelian konsumen. Sistem ini telah berhasil diimplementasikan pada Elmart Swalayan dan diuji dengan melihat waktu komputasi. Hasil dari waktu komputasi memperoleh bahwa nilai minimum support sangat mempengaruhi kecepatan proses. Selain itu, pengujian juga dilakukan dengan Lift Ratio yang menunjukan bahwa salah satu rule yang dihasilkan oleh kedua algoritma ini memiliki kekuatan asosiasi yang besar yaitu 2,06.References
Anggraeni, Rizky Mei. (t.t). Perbandinga Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth untuk Perekomendasi pada Transaksi Peminjaman Buku di Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Dian Nuswantoro.
Erwin. (2008). Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori dan FP-Growth.. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Sriwijaya. Palembang.
Failasufa, Fusna. (2014). Penerapan Data Mining untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen dengan Algoritma Apriori pada Data Transaksi Penjualan (StudiKasus : Pamella Supermarket ). Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pratama, Andhi. (2013). Aplikasi Data Mining Association Rule dengan Algoritma Apriori untuk Mengenali Pola Pembelian Pelanggan pada Toko Buku ( Studi Kasus : Pustaka Obor ). Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.
Sitanggang, Lenny Fitriany. (2014). Aplikasi Data Mining Association Rule dengan Algoritma FP – Growth untuk Mengenali Pola Pembelian Pelanggan pada Toko Kue ( Studi Kasus : L’cheese Factory ). Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.