Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan PROMETHEE (Studi Kasus: Universitas Riau)

Authors

  • Nabilah Nabilah Politeknik Caltex Riau
  • Mardhiah Fadhli Politeknik Caltex Riau
  • Wawan Yunanto Politeknik Caltex Riau

Abstract

Pemilihan mahasiswa berprestasi di Universitas Riau merupakan kegiatan rutin yang berlangsung setiap tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk meningkatkan prestasi, serta mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan. Dalam proses seleksi ini tim penilai kerap kesulitan seperti memerlukan waktu yang lama dalam menyeleksi mahasiswa berprestasi. Proses penyeleksian yang dilakukan secara manual juga memungkinkan terdapat unsur subjektif dalam penilaiannya. Untuk membantu proses seleksi mahasiswa berprestasi maka dibutuhkan sebuah sistem pengambilan keputusan. Metode yang digunakan untuk pengambilan keputusan ini adalah menggunakan metode Analitical Hierarcy Process (AHP) dan Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation (PROMETHEE). Kriteria yang digunakan dalam dalam pengambilan keputusan ini adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), bahasa inggris, karya tulis ilmiah, dan prestasi. Setelah dilakukan pengujian menggunakan metode user acceptance test (UAT) dihasilkan bahwa semua fitur pada sistem telah diimplementasikan dan diterima dengan baik. Pengujian menggunakan whitebox testing pada kode program AHP dan PROMETHEE menunjukkan kesesuaian hasil yang diharapkan dengan hasil sebenarnya melalui uji test case sebanyak 12 jalur pada metode AHP dan 29 jalur pada metode PROMETHEE.Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, AHP, PROMETHEE, Mahasiswa Berprestasi

Author Biographies

Nabilah Nabilah, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Mardhiah Fadhli, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

Wawan Yunanto, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Marsani, Asfi dan Ratna Purnama Sari. (2010). Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP. Cirebon: STMIK CIC Cirebon.

Hafsah, Frans Richard Kodong dan Alain Julian. (2011). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel Dengan Menggunakan Metode Promitee dan AHP. Yogyakarta: UPN “Veteran”.

Arsita, Reizha. (2013). Sistem Pendukung Keputusan penerima Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) Dengan Metode AHP dan PROMETHEE. Medan: STMIK Budi Darma.

Lemantara, Julianto, Noor Akhmad Setiawan dan Marcus Nurtiantara Aji. (2013). Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan Promethee. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Maria, Setiawan. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Laptop Dengan Metode PROMAHP. Surabaya: Universitas Surabaya.

Published

2017-01-31

Issue

Section

Artikel