Implementasi Customer Relationship ManagementDalam Perancangan Sistem Informasi Pada Bengkel Motor Yamaha CV. Govin Cahaya Motor

Authors

  • Prananda Prananda Politeknik Caltex Riau
  • Satria Perdana Arifin Politeknik Caltex Riau
  • Ardianto Wibowo Politeknik Caltex Riau

Abstract

CRM (Customer Relationship Management)merupakan salah satu metode untuk mengembangkan strategi bisnis yang berpusat pada customer. CRM adalah suatu sistem mengintegrasikan strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dari kepuasan pelanggan. Konsep CRM dalam beberapa tahun terakhir ini telah berkembang menjadi konsep yang sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan. Sebelum menggunakan CRM, banyak perusahaan yang memiliki berbagai permasalahan seperti keinginan untuk memberikan layanan yang lebih kepada pelanggan, sistem lama yang dipakai tidak dapat menangani pendataan pelanggan yang sangat banyak, data belum terintegrasi dengan baik, informasi yang kurang akurat dan juga penggunaan sumber daya yang kurang efisien (Naratamaaji, 2014). Namun seiring berjalannya waktu, CV. Govin Cahaya Motor juga berharap untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas dari pelanggannya. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2005 ini bergerak dibidang jasa service dan sparepart motor merk Yamaha di kota Pekanbaru. Dengan mendapatkan loyalitas pelanggan, perusahaan akan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dan juga akan menekan biaya promosi yang lebih besar. Oleh karena itu, dirancang dan dibangunlah sebuah sistem aplikasi berbasis website yang menerapkan konsep Customer Relationship Management yang dapat membantu CV. Govin Chaya Motor dalam mengatasi masalah – masalah tersebut untuk kelangsungan bisnis perusahaan.Kata kunci :Customer Relationship Management, Bengkel motor

Author Biographies

Prananda Prananda, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Satria Perdana Arifin, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Ardianto Wibowo, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Buttle, Francis (2009). Customer Relationship Management Concepts And Technologies. USA: Elsevier Ltd.

Peelen, Ed.(2005). Customer Relationship Management. Prentice-Hall England.

Puti, Sucia (2013). Customer Relationship Management pada Klinik Kesehatan (studi kasus di Klinik Rumbai Sehat). Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Adhi Tama, Budi (2012). Cross – Selling: Perangkat Utama Customer Relationship Management Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Arofata, Mustafid (2011). Penerapan Strategi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Suatu Perusahaan. Yogyakarta: STMIK AMIKOM.

Diah, Kartika (2010). Metode – metode Sistem Pendukung Keputusan. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Fadheli, Chairul (2012). Pengertian MySQL. Diambil 25 Desember 2014 dari http://www.maniacms.web.id/20012/01/pengertian -mysql.html.

Imelda (2013). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Weighted Product. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Kalakota, R. dan Robinson, M. (2001), E-Business 2.0 Roadmap for Success, Massachusetts: Addsion Wesley Longman Inc.

Armstrong, Gary, Kotler, Philip.(2007). Marketing : an introduction. 8th edition. Pearson Education.

Naratamaaji (2014). Implementasi CRM pada Nissan Motor Indonesia. Diambil 30 Januari 2014 dari https://naratama05169.wordpress.com/2014/09/22/implementasi-crm-pada-nissan-motor-indonesia.

Griffn, J. (1995). Customer loyalty. New York: Lexington Books.

Nugroho, A. (2005). Visual Web Developer. Yogyakarta: Andi.

Bradshaw, D, and Brash, C. (2001). Management customer relationships in the e-business world” howto personalise computer relationships for increased profitability, International Journal of Retail &Distribution Management.

Kadir, Abdul. (2008). Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

Sidik, Betha dan Pohan, Iskandar Husni. (2001). HTML dan XML. Bandung : Informatika Bandung.

Cupoue, Sakura. (2010). Sejarah, Kekurangan dan Kelebihan PHP. Diambil 12 Januari 2015 dari http://www.scribd.com/doc/39162896/sejarah-kekurangan-dan-kelebihan-PHP.

Olson, Peter, 1993, Consumer Behavior and Marketing Strategy, Richard D. Irwan Inc, Boston, Third Edition.

Published

2017-01-31

Issue

Section

Artikel