Aplikasi Mobile Advertising Berbasis Location Based Service (LBS) Untuk Kafe Di Pekanbaru
Abstract
Menjamurnya kafe berjenis coffeeshop membuat para pemilik kafe saling bersaing untuk mempromosikan kafe mereka. Periklanan adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai jual, menarik konsumen serta untuk mempromosikan suatu kafe. Seiring berkembangnya teknologi, periklanan pun mulai dikembangkan melalui teknologi mobile. Periklanan yang dilakukan melalui teknologi mobile ini disebut Mobile Advertising. Namun iklan yang muncul pada aplikasi ternyata dapat mengganggu penggunanya. Oleh karena itu aplikasi mobile advertising ini dibuat dengan iklan yang muncul apabila ada permintaan dari pengguna. Aplikasi ini juga menggunakan teknologi location based service yang dapat memberikan informasi lokasi dari suatu kafe. Berdasarkan hasil pengujian melalui kuesioner didapatkan rata-rata sebesar 88.8% pengguna mengatakan bahwa aplikasi mobile advertising berbasis location based service untuk kafe di Pekanbaru ini dapat memberikan iklan dan informasi dari suatu kafe serta memberikan informasi lokasi kafe yang akurat dari posisi pengguna sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian. Aplikasi ini dibangun berbasis Android menggunakan Eclipse dengan bahasa pemrograman Java.Kata kunci: coffee shop, mobile advertising, location based service, android.References
Ariwibowo, Muhammad Gembong. (2013). Perancangan Aplikasi Pencarian Lokasi Bank di Yogyakarta Dengan Location Based Service Untuk Android. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer. Yogyakarta.
Arthur A Winter & Stanley Goodman.(1978).Fashion Advertising And Promotions, Fairchild Publications.New York.
Hanafi. (2012). Sistem Aplikasi Mobile Advertising berbasis GUI dan Animasi. Komputer STMIK Amikom. Yogyakarta.
Huda, Arif Akbarul. (2012). 24 Jam!! Pintar Pemrograman Android. Yogyakarta.
Kotler, Philip. (2006). Marketing Management: An Asian Perpective. Singapore. Prentice Hall.
Matti, Leppainemi. (2008). Mobile Marketing Communications In Consumer Markets. Faculty Economic And Business Administration, Departmen Of Marketing, University Of Oulu.
N. Scott & I. Respini. (2001). Global Mobile Markets, Ovum Ltd. London.
Steiniger, S., Neun, M., and Edwardes, A. (2005). Foundations of Location Based Services.
Wijaya, N., Santoso, J., dan Siswandy, K. (2009). Pemantauan dan Pengaturan Proxy Server Serta Pengaksesan Internet dengan Otentikasi Berbasis Web.Unversitas Bina Nusantara. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.