Human Activity Recognition Based on Pattern Analysis

  • Nando Gunawan Politeknik Caltex Riau
  • Ananda Ananda Politeknik Caltex Riau
  • Wenda Novayani Politeknik Caltex Riau

Abstract

Kompleksitas notasi musik/ not balok merupakan kendala yang dialami oleh pemain musik pemula. Dalam proses pembelajarannya, pemain musik perlu mengetahui bentuk not balok yang beragam dan untuk mempermudahnya dibutuhkan sebuah media pembelajaran. Proses pembelajaran dapat diterapkan menggunakan perangkat smartphone. Metode template matching pada perangkat smartphone dapat membaca objek not balok pada citra foto partitur musik dengan acuan citra pembanding. Foto diolah menggunakan nilai threshold mean, otsu dan statis untuk menghasilkan citra biner. Proses template matching pada citra biner threshold mean dengan waktu operasi rata-rata 2,44 detik menghasilkan tingkat akurasi 94,76% dan tingkat presisi 88,29%. Citra dengan nilai threshold otsu dengan waktu rata-rata 2.48 detik menghasilkan tingkat akurasi 95.82% dan tingkat presisi 76.24%. Sedangkan pada citra biner dengan nilai threshold statis dengan waktu proses 2,08 detik memiliki tingkat akurasi 91,61% dan tingkat presisi 66,24%.  Dari hasil pengujian disimpulkan bahwa metode template matching dapat membaca dan menyajikan informasi nada dan suara not balok dari sebuah foto partitur musik dengan tingkat akurasi dan presisi yang baik.

Author Biographies

Nando Gunawan, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Ananda Ananda, Politeknik Caltex Riau
Teknik informatika
Wenda Novayani, Politeknik Caltex Riau
Teknik Komputer

References

Sitompul, Eva Seviana.(2011). Konversi Notasi Balok Menjadi Nada Berbasis Pengolahan Citra Digital Menggunakan Metode Template Matching. Mahasiswi jurusan Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom. Tidak dipublikasikan.

Cole, Luke., Austin, David. Dan Cole, Lance. (t.t). Visual Object Recognition using Template Matching. Diambil 2 november 2013 dari http://www.araa.asn.au/acra/acra2004/papers/cole.pdf.

Di Stefano, Luigi., Mattoccia, Stefano. Dan Tombari, Federico.tt. An Algorithm for Efficient and Exhaustive Template Matching[pdf]. Diambil 2 November 2013 dari http://vision.deis.unibo.it/fede/papers/iciar04.pdf

Andjani, Karina(2013). Jurus Sakti Gampang Main Piano. Pustaka Makmur.

OpenCV. (t,t). Diambil pada tanggal 8 Agustus 2014. Tersedia : http://opencv.org/

Putra, Darma(2010). Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta:Penerbit ANDI

Published
2015-05-13
Section
Artikel