Sistem Pendeteksi Tingkat Keramaian Menggunakan IP Camera dan Metode Frame Differences (Studi Kasus: Kantin D’Pipe di Politeknik Caltex Riau)

  • Eka Deddy Saputra Politeknik Caltex Riau
  • Ananda Ananda Politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Ihsan Zul Politeknik Caltex Riau

Abstract

Keramaian sering terjadi karena orang-orang secara bersamaan berkumpul di suatu tempat. Keramaian yang terjadi dapat mengakibatkan kemacetan dan antrean. Sampai saat ini, untuk mengetahui keramaian di suatu tempat kita perlu mengunjungi tempat itu secara langsung ataupun bertanya kepada teman yang berada di tempat itu. Salah satu tempat yang ramai dikunjungi adalah kantin. Kantin D’Pipe yang terletak di kampus Politeknik Caltex Riau memiliki daya tampung 120 orang, dengan jumlah sivitas akademika Politeknik Caltex Riau saat ini yaitu 1763 orang, kantin akan sangat ramai pada waktu pergantian mata kuliah dan waktu istirahat makan siang. Oleh karena itu dibangunlah sistem yang dapat mendeteksi keramaian menggunakan IP Camera dan metode Frame Differences. Sistem ini menggunakan IP Camera untuk menangkap citra digital. Citra yang ditangkap akan dibandingkan menggunakan metode Frame Differences. Penelitan ini telah diujikan pada kantin D’Pipe Politeknik Caltex Riau. Hasil pengujian menunjukkan tingkat akurasi sebesar 86%. Sistem ini memiliki output berupa website dan email yang memberikan informasi kondisi keramaian pada kantin D’Pipe Politeknik Caltex Riau.Kata kunci: IP Camera, Frame Differences, citra digital, keramaian, kantin.

Author Biographies

Eka Deddy Saputra, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Ananda Ananda, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika
Muhammad Ihsan Zul, Politeknik Caltex Riau
Teknik Informatika

References

Aryanto, M. (2010). IP Camera dan Aplikasinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Putra, D. (2010). Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Zul, M. I., & Widyawan. (2013). Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Gerak Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Frame Differences dan Dynamic Template Matching. The 9th International Conferences on Ubiquious Robot And Ambience Intelligence (URAI). Deajeon.

Zul, M. I., Widyawan, & Nugroho, L. E. (2012). Deteksi Gerak Menggunakan Metode Frame Differences pada IP Camera.

Feizia, S. N., Ananda., Syahbana, Y. A. (2015). Pendeteksian salient area pada video berdasarkan pergerakan objek menggunakan metode frame difference. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Handoko, A., Zul, M. I., & Fitrisia, Y. (2015). Sistem Deteksi Kondisi Cuaca Berdasarkan Pencitraan Awan Berbasis Pengolahan Citra Digital Menggunakan Algoritma k-Nearest Neighbor (k-NN). 3rd Applied Bussiness and Engineering Conference (hal. 765-769). Batam: Politeknik Negri Batam.

Febriyanto, A. (2013). Analisis Kerja Metode Background Substraction dan Haar-Like Feature untuk Monitoring Pejalan Kaki Menggunakan Kamera Webcame. Yogyakarta: Universitas Negeri Sunan Kalijaga.

Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2012). Data Mining Concepts and Techniques. USA: Morgan Kaufmann.

Published
2017-12-18
Section
Artikel