Sistem Pendukung Keputusan Penentu Daerah Potensial Promosi Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Fuzzy AHP (Studi Kasus: Politeknik Caltex Riau)

Authors

  • Fajri Febriadi Politeknik Caltex Riau
  • Ananda Ananda Politeknik Caltex Riau
  • Warnia Nengsih Politeknik Caltex Riau

Abstract

Promosi merupakan bagian penting dari kegiatan pemasaran. Demikian juga bagi Politeknik Caltex Riau (PCR), melakukan promosi dengan tujuan untuk memperkenalkan kampus pada lingkungan sekitar dan daerah lain, sehingga diharapkan mampu menarik minat dari para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di kampus ini. Promosi ini dinilai sangat penting karena dengan adanya kegiatan ini, PCR akan lebih dikenal oleh orang banyak sehingga semakin banyak pula calon mahasiswa yang akan mendaftar. Sampai saat ini, dalam memilih daerah promosi, tim promosi PCR hanya melihat berdasarkan data pendaftar tahun lalu, sehingga sulit untuk menentukan daerah mana yang lebih tepat untuk dijadikan prioritas dalam melakukan promosi. Dari permasalahan tersebut maka dibangun Sistem Pendukung Keputusan Penentu Daerah Potensial Promosi. Sistem ini menerapkan metode fuzzy AHP dengan pendekatan Triangular Fuzzy Number (TFN). Pada sistem ini digunakan 4 kriteria, yaitu jarak lokasi, jumlah sekolah, jumlah siswa dan pendaftar tahun sebelumnya. Sistem telah diuji menggunakan whitebox testing terhadap kode program metode fuzzy AHP. Pengujian berdasarkan metode cyclomatic complexity  terdapat 89 jalur uji. Jalur tersebut selanjutnya diuji test case, berdasarkan hasil uji, diperoleh persentase keberhasilan sebesar 100%. Selain itu dilakukan juga pengujian wawancara terhadap narasumber terkait pengambilan keputusan, dari hasil wawancara didapatkan hasil bahwa sistem ini dapat mempermudah serta membantu tim promosi dalam menentukan daerah potensial promosi.Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Promosi, Fuzzy AHP, PHP, MySQL

Author Biographies

Fajri Febriadi, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Ananda Ananda, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Warnia Nengsih, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Pramana, Jaka. (2013). “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus STMIK Budi Darma Medan)”. STMIK Budi Darma. Medan.

Jasril., Haerani, Elin., & Afrianty, Iis. (2011). “Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy-AHP (F-AHP)”. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Winiarti, Sri., & Yuraida, Ulfah. (2009). “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pendirian Warnet dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus: PT. Pika Media Komunika)”. Fakultas Teknologi Industri. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Hanif. (2007). Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Chang, D. Y. (1996). Application of the Extent Analysis Method on Fuzzy AHP. European Journal of Operational Research 95, 649-655.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel