Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan faktor-faktor di dalam pembiayaan bai’ salam, studi kasus pada petani anggota BMT Dana Mulya Syariah kantor pusat Candipuro. Sampel yang diteliti sebanyak 95 responden. Data yang diperoleh dari responden diolah  dengan menggunakan analisis faktor pada SPSS 18.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 8 indikator yang diteliti dengan model analisis faktor yang merupakan faktor-faktor yang memiliki hubungan dengan pembiayaan bai’ salam. Faktor-faktor tersebut terdiri dari 3 faktor, yaitu: 1) faktor sosialisasi dan edukasi dengan eigen value 2,582; 2) faktor resiko pertanian dengan eigen value sebesar 1,667, yang terdiri dari gagal panen akibat cuaca dengan korelasi sebesar 0,770, gagal panen akibat hama dengan korelasi sebesar 0,525, kualitas padi dengan korelasi sebesar 0,602, harga fluktuatif dengan korelasi sebesar 0,607; 3) faktor pengetahuan dan pemahaman dengan eigen value 1,010, yang terdiri dari pengetahuan produk dan layanan dengan korelasi sebesar 0,817, pemahaman akad dengan korelasi sebesar 0,849.Kata kunci:pembiayaan bai’ salam, analisis faktor, BMT Dana Mulya Syariah

Article Details

References

  1. Sawitri, Angelina Anjar. 2016. Muliaman: Pertanian Masih Penting, Tapi Petani Sulit Modal. [Online], diakses: 3 Oktober 2016, tersedia: https://bisnis.tempo.co/read/773268/muliaman-pertanian-masih-penting-tapi-petani-sulit-modal.
  2. Affandi, Anas. 2014. Makna Pembiayaan Salam Perspektif Perbankan Syariah Dan Petani Di Probolinggo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB vol 2, No 2
  3. Bank Indonesia. 2016. Komposisi Pembiayaan Syariah Menurut Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah 2016. Statistik (Online), (www.bi.go.id).
  4. Devi, Abrista. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi tidak Diterapkannya Pembiayaan Akad Bay’ As-salam di Bank Syariah Indonesia. Riset Perbankan Syariah ke 4/FRPS IV
  5. Ningsih, Wiwik Fitria. 2015. Modifikasi Pembiayaan Salam dan Implikasi Perlakuan Akuntansi Salam. Jurnal Akuntansi Universitas Jember Vol. 13
  6. Setditjen Perhubungan Darat. 2015. Profil dan Kinerja Perhubungan Darat 2014. Provinsi Lampung
  7. Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Selatan. Hasil Sensus Pertanian 2013. (Online), (www.lampungselatankab.bps.go.id)
  8. Mardani. 2012. Fiqh Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  9. DSN-MUI. 2000. Fatwa DSN-MUI No. 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang Jual Beli Salam. (online), (www.dsnmui.or.id)
  10. Obaidullah, Muhammed. 2005. Islamic Financial Services. Associate Professor. Islamic Economics Research Center. King Abdulaziz University. Jeddah, Saudi Arabia.
  11. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  12. Jayakuusumah, Herdi. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Bekasi).Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  13. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS19. Semarang : BP Universitas Diponegoro.
  14. Sugiama, A. Gima. 2008. Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung: Penerbit Guardaya Intimarta.
  15. Adnan, Muhammad Akhyar dan Revisa Nery. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
  16. Belum Diaplikasikannya Akad Salam pada Perbankan Syariah (Studi pada 3 BPRS Yogyakarta) dan Kaitannya dengan Pengurangan Tingkat Kemiskinan. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.