Main Article Content

Abstract

Tunjangan kinerja adalah bentuk penghargaan yang diterima pegawai atas kinerja yang telah dicapai. Pada tahun 2015 tunjangan kinerja pada Polda Riau sebesar Rp. 234.835.255.609 (dua ratus tiga puluh empat milyar delapan ratus tiga puluh lima juta dua ratus lima puluh lima ribu enam ratus sembilan rupiah). Karena jumlah tunjangan kinerja sangat banyak, maka diperlukannya pengendalian internal pada proses realisasi tunjangan kinerja pegawai di Polda Riau. Pengendalian internal adalah suatu proses yang dijalankan oleh dewan komisaris, manajemen, dan personalia yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai tentang pencapaian tujuan perusahaan yang terdiri dari : (a) keandalan pelaporan keuangan, (b) efektivitas dan efesiensi operasi, dan (c) kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, pengendalian internal pada Polda Riau harus sesuai dengan pedoman pengendalian internal yang diterima umum. Committee of the Sponsoring Organization (COSO) merupakan sebuah organisasi yang lebih dikenal sebagai acuan yang diterima umum dalam pengendalian internal perusahaan dan kaitannya dengan pelaporan keuangan dan proses operasi dalam konteks organisasional. Penerapan COSO pada instansi pemerintahan terdapat pada Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Nomor 60 Tahun 2008. Pada penelitian ini akan menjelaskan perbandingan antara kesesuaian perbandingan kesesuaian pengendalian internal tunjangan kinerja dengan kerangka COSO.Kata kunci : Pengendalian Internal, COSO, Tunjangan Kinerja

Article Details

Author Biography

Tobi Arfan, Politeknik Caltex Riau

Program Studi Akuntansi Politeknik Caltex Riau

References

  1. Widhiyanti, Peranan Audit Internal atas Siklus Penggajian dan Kepegawaian dalam Menunjang Efektifitas Pengendalian Internal Penggajian, Universitas Kristen Maranatha, 2006.
  2. C. Erisman, Evaluasi Pengendalian Internal Perusahaan Menggunakan Konsep Committe of Sponsoring Pegawai, Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau, 2010.
  3. P. M. Murry, Efektifitas Payroll System Sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Mendukung Pengendalian Internal, Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau, 2012.
  4. A. L. Winanda and D. Prastiwi, "Analisis Sistem Pengendalian Intern Penggajian Karyawan Pada Bank BTN di Surabaya," Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, vol. 1, p. 1, 2012.
  5. A. Dian and L. Setiawati, Sistem Informasi Akuntansi, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2011.
  6. I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2005.
  7. H. Singleton, Information Technology Auditing and Assurance, Jakarta: Salemba Empat, 2007.
  8. P. Andreas, "Analisis Pengendalian Internal atas Pembelian dan Penjualan Barang Dagang pada CV. Cinter Jaya," Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru, 2012.
  9. D. Priyatno, Mandiri Belajar SPSS, Yogyakarta: MediaKom, 2008.
  10. I. C. Ardana and H. Lukman, Sistem Informasi Akuntansi, Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media, 2016.
  11. A. B. James and J. C. Dean, Metode dan Masalah Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama, 2009.
  12. Mulyadi, Sistem Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat, 2008.
  13. D. Priyatno, Mandiri Belajar SPSS, Yogyakarta: MediaKom, 2008.