Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi signal dengan menggunakan variabel security, privacy, familiarity, dan e-trust sebagai variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel security yang paling besar dalam membentuk kepercayaan masyarakat untuk menggunakan aplikasi Signal, diikuti oleh variabel privacy. Selanjutnya variabel familiarity terbukti tidak signifikan dalam mempengaruhi minat untuk aplikasi Signal. Rendahnya pengaruh familiarity menunjukkan walaupun masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi ini, tapi ternyata hal tersebut tidak serta merta meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi Signal. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pihak kepolisian dan samsat kota Padang dapat melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan aplikasi Signal pada masyarakat, mengedukasi masyarakat bahwa dengan menggunakan aplikasi Signal dapat menghemat waktu dan tenaga ketika membayar pajak kendaraan bermotor, sehingga target pemerintah untuk menciptakan cashless society dapat diwujudkan

Article Details