Main Article Content

Abstract

Pelaku UMKM di Kota Palembang saat ini masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan pembiayaan atau permodalan. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh fintech peer to peer lending dan fintech payment terhadap Kinerja UMKM dimediasi e-commerce pasca Covid 19. Dengan adanya layanan fintech peer-to-peer lending dan fintech payment pelaku UMKM dapat memahami penggunaan layanan tersebut dan mampu meningkatkan kinerja usaha. UMKM subsektor kuliner dipilih sebagai objek pada penelitia ini. Sampel yang digunakan menggunakan teknik non-probability sampling dari 100 responden pelaku UMKM yang tersebar di lima Kecamatan Kota Palembang dengan karakteristik responden jenis kelamin, pendidikan terakhir, umur usaha dan omset penjualan perbulan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada responden. Analisis data yang digunakan data primer dengan bantuan software SmartPLS 4 dengan evaluasi model pengukuran (outer model) dan model structural (inner model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fintech peer-to-peer lending berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja UMKM, fintech payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, E-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, e-commerce sebagai variabel intervening memediasi secara positif dan signifikan antara  fintech peer-to-peer lending terhadap kinerja UMKM, dan e-commerce sebagai variabel intervening memediasi secara positif dan signifikan antara Fintech Payment terhadap kinerja UMKM pasca Covid 19.

Article Details

References

  1. Bastian, A.A.P. (2020). Pengaruh Financiall Technologgy terhadap Perkembangan Bisnis UMKM Melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen, Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah., Jakarta
  2. Davis, F.D. (1989). Information Technology’s Perceived Utility, Perceveid Usability, and user acceptance. Management Information System, 13(3) of the MIS Quarterly, 319-339
  3. Diana, D., Hakim, L., & Fahmi,M. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UMKM Di Tanggerang Selatan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(2), 67-74.
  4. Hasyim, T. M., & Hasibuan, D. R. (2022). Analisis Peranan Fintech dan E-Commerce terhadap Perkembangan UMKM. Keunis, 10(2), 19-28.
  5. Lubis, et al. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Fintech Peer to Peer Lending dan Payment Gateway terhadap Kinerja Keuangan UMKM Kota Medan. Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan. 2809-8862.
  6. Maysaroh, S., & Diansyah, D. (2022). Pengaruh Peer To Peer Lender (P2P) Dan Payment Gateway Terhadap Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan E-commerce Sebagai Variabel Moderating. Business Management Journal, 18(2), 131-142.
  7. Mukhtar, D. F., & Rahayu, Y. (2019). Analisis Pendanaan Modal Umkm Melalui Financial Technology Peer To Peer Lending (P2P). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(5).
  8. Mutegi, et al. (2015). Financial Literacy and Its Impact on Loan Repayment, by Small and Medium Enterprebnuers. International Journal of Economicss, Commerce and Management. 2348-0386
  9. Purnamasari, E. D. (2020). Pengaruh payment gateway dan peer to peer lending (p2p) terhadap peningkatan pendapatan di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(1), 63-65.
  10. Rahardjo, B., Ikhwan, K., & Siharis, A. K. (2019). Pengaruh financial technology (fintech) terhadap perkembangan UMKM di Kota Magelang. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar 2019.
  11. Rasyid, K. E. F., Putra, C. G. G., & Kusnadi, K. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Peningkatan Kinerja Pada Operator Pt. Riken Engineering Perkasa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(4), 203-208.
  12. Santika, I. W., & Yadnya, I. P. (2017). Analisis Technology Acceptance Model terhadap penggunaan e-commerce pada UKM kerajinan Di Gianyar. In Prosiding Seminar Nasional AIMI, Jambi (pp. 255-264).
  13. Safitri, N. (2021). Pengaruh Financial Technology Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Di Kota Malang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.
  14. Sapitri, N. A. (2018). Pengaruh E-Commerce Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berwirausaha Online Dalam Perspektif Islam Pada Pedagang Online Di Kota Makassar Sulawesi Selatan. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 26-39.
  15. Saputra, I. P. (2019). Analisis Efektivitas Penggunaan Digital Payment Pada Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya. Carbohydrate Polymers, 6, 5-10.
  16. Sartika, D., Tan, F., Adrimas, A., & Warokka, A. (2021). Development of Financial Technology (Fintech) in Indonesia and Its Affecting Factors. Journal of Positive Psychology and Wellbeing, 5(4), 469-483.
  17. Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15, 1-332.
  18. Syarifah, S., Winarno, W. W., & Putro, H. P. (2020). Analisis karakteristik penggunaan aplikasi peer to peer lending fintech dengan model PCI. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(2), 421-428.
  19. Tampubolon, H. R. (2019). Seluk-beluk peer to peer lending sebagai wujud baru keuangan di Indonesia. Jurnal Bina Mulia Hukum, 3(2), 188-198.
  20. Tiandra, N., Hambali, D., & Rosalina, N (2019). Analisis Pengaruh E-Comerce terhadap Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Di Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia (JEBI). 4(1), 6-10.
  21. Wahyudiati, D., and Isroah,I. (2019). Pengaruh Aspek Keuangan, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Desa Kasongan. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(2), 1-11.