Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat (intention to use) UMKM di kota Samarinda dalam menggunakan aplikasi WhatsApp Business sebagai alat komunikasi dan pemasaran. Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 105 responden yang terdiri dari pelaku UMKM yang aktif menggunakan WhatsApp Business. Variabel yang diteliti meliputi perceived ease of use, perceived usefulness, social influence, attitude dan intention to use. Data dikumpulkan melalui survei yang disebarkan kepada responden dan dianalisis menggunakan uji asumsi statistik serta analisis regresi untuk menentukan hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use, social influence, dan attitude memiliki pengaruh signifikan terhadap niat penggunaan WhatsApp Business, sedangkan perceived usefulness tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menyoroti bahwa kemudahan penggunaan dan dukungan sosial dari lingkungan sekitar lebih berperan dalam membentuk niat pelaku UMKM untuk mengadopsi WhatsApp Business, dibandingkan dengan pemahaman mereka tentang manfaat aplikasi tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi pemangku kepentingan dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk mendorong penggunaan teknologi digital di kalangan UMKM di Samarinda

Article Details

References

  1. Creswell, J. W. (2002). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.
  2. Helmi, S., Sesotya, W. R., & Pranata, A. (2024). The Effects of Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Attitude, and Trust on Fintech Adoption in MSMEs. 2nd International Conference on Management and Business (ICOMB 2023), 101–109.
  3. Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). Analisis Pengunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Perjualan Dan Kedekatan Dengan Pelanggan Di Pt Saung Angklung Udjo. AdBispreneur, 5(2), 193. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.29171
  4. Iddris, F., & Ibrahim, M. (2015). Examining the relationships between e-Marketing adoption and Marketing Performance of Small and Medium Enterprises in Ghana. Journal of Marketing and Consumer Research, 10, 160–169.
  5. IDDRIS, F., KOFI DOGBE, C. S., DUAH, E., & KPARL, E. M. (2024). Predicting the Intention to Adopt WhatsApp Groups as an Innovative Source of Business Financing: An Application of the Technology Acceptance Model. International Journal of Economics & Management, 18(2).
  6. Jamil, M. M., Talib, N., Azam, N. H. N., Nazeri, N. M., Yusof, M. A. M., & Abidin, N. E. (2018). WhatsApp Acceptance and Behavioral Intention to Use among Non-Nursing Staff in Selected Hospitals at Melaka. 57(Piceeba), 200–207. https://doi.org/10.2991/piceeba-18.2018.48
  7. Meylianingrum, K., Jaya, T. J., & Fahmi, E. F. F. El. (2023). Optimization of Digital Branding and Marketing for Gempol MSMEs Through WhatsApp Business. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1528–1533.
  8. Omar, A., Ramayah, T., Lin, L. B., Mohamad, O., & Marimuthu, M. (2011). Determining factors for the usage of web-based marketing applications by small and medium enterprises (SMEs) in Malaysia. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 5(2), 70–86.
  9. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung?: Alfabeta, 2014.
  10. Utami, R., Amril, D. Y., Ardiansyah, A., & Jundrio, H. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Time Saving Terhadap Continuous Usage Intention Dengan Attitude Towards Mobile Apps Sebagai Variabel Mediasi Pada Aplikasi Simpool Di Masa Pandemi Covid 19. Masarin, 1(1), 13–29.