Main Article Content

Abstract

Kemajuan teknologi dan keterbukaan akses masyarakat untuk memperoleh informasi, merupakan peluang bisnis bagi kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pemanfaatan teknologi dengan tepat, berdampak pada peningkatan produktivitas penjualan. Pemilihan cara dan strategi UMKM dalam melakukan proses pemasaran merupakan hal yang harus dilakukan untuk peningkatan usaha. Dengan memanfaatkan teknologi, UMKM dapat melakukan proses pemasaran secara digital. Pemasaran digital dapat dilakukan dengan menyediakan content promosi produk yang menarik, salah satunya dengan foto produk. UMKM dapat menawarkan produk dengan menampilkan bentuk visual produk yang ditawarkan, yang bermanfaat untuk memperkenalkan produk dan meyakinkan calon konsumen. Berdaarkan wawancara yang dilakukan kepada beberapa pelaku UMKM, permasalahan saat ini adalah ketidakmampuan pelaku UMKM untuk mengambil foto produk secara menarik. Keterbatasan dana operasional, peralatan pendukung fotografi, dan kemampuan untuk melakukan foto, merupakan permasalahan lainnya. Pelaku usaha belum kepikiran bahwa dengan menggunakan ponsel (smartphone), foto produk dapat dilakukan secara mandiri dan menghasilkan foto yang menarik. Untuk itu pada pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan kegiatan workshop foto produk UMKM. Pelaku UMKM diberikan pengetahuan terkait digital marketing, cara dan teknik mengambil foto produk yang menarik, dan editing foto dengan menggunakan aplikasi editor foto. Diakhir kegiatan dilakukan survey, untuk mengukur kepuasan peserta selama mengikuti kegiatan. Diperoleh hasil bahwa 90.57% peserta menyatakan kegiatan yang diberikan sangat baik sekali, dan berharap akan ada program-program baik lainnya, yang dapat membantu pelaku UMKM.

Keywords

UMKM, Digital Marketing, Foto, Produk

Article Details

Author Biography

Rika Perdana Sari, Politeknik Caltex Riau

Dosen Tetap Program Studi D4 Teknik Informatika