Main Article Content

Abstract

PT BMR Music Store telah membangun reputasi sebagai salah satu pelopor toko alat musik tradisional Melayu Riau di Pekanbaru sejak 2014, namun kini mereka tengah menghadapi tantangan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. PT BMR Store merespon dengan upaya pemasaran melalui media sosial dan keikutsertaan dalam event-event lokal. Namun, mereka belum mampu memanfaatkan potensi pemasaran digital secara maksimal. Dalam rangka mengatasi permasalahan ini, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) PCR bersama PT BMR Music Store menyusun rencana strategis pemasaran yang berfokus pada peningkatan visibilitas dan penjualan alat musik tradisional Melayu Riau melalui pelatihan pengelolaan staregi pemasaran untuk menghadapi dinamika bisnis di era digital. Solusi yang diusulkan meliputi peningkatan penggunaan sosial media dan marketplace, penyusunan jadwal pemasaran yang terstruktur, serta pembentukan kemitraan dengan komunitas musik dan penyelenggara event budaya.. Rencana kegiatan meliputi analisis pasar, analisa SWOT  untuk penyusunan rencana strategis pemasaran dan pelatihan digital marketing. Dengan implementasi rencana kegiatan yang diusulkan, diharapkan PT BMR Music Store dapat mengatasi permasalahan pemasaran yang dihadapi dan meningkatkan peran serta mereka dalam melestarikan dan memperkenalkan warisan budaya lokal kepada masyarakat luas

Keywords

PT BMR Music Store marketing management market analysis SWOT Analysis Digital Marketing Training

Article Details

Author Biographies

Juni Juni, Politeknik Caltex Riau

Jurusan Teknologi Informasi, Magister Terapan Teknik Komputer

Puja Hanifah, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi

Junaldo Rizky Mirza, Politeknik Caltex Riau

Jurusan Bisnis dan Komunikasi,  Akuntansi Perpajakan

Figo Alimbel, Politeknik Caltex Riau

Jurusan Bisnis dan Komunikasi, Bisnis Digital