Main Article Content

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam pembelajaran adalah gaya belajar. Proses pembelajaran yang dapat memperhatikan faktor gaya belajar ini dapat mendorong capaian hasil belajar yang baik. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran melalui metode e-learning terus dikembangkan dalam rangka perluasan dan pemerataan akses pendidikan. Namun demikian metode e-learning yang ada sekarang ini belum sepenuhnya memperhatikan kondisi pembelajaran siswa, khususnya gaya belajar. Oleh karena itu, pada penelitian ini dipresentasikan hasil penerapan metode e-learning berdasarkan gaya belajar. Implementasi metode e-learning ini dilakukan pada pelajaran fisika SMA kelas X dengan gaya belajar VARK (Visual, Auditory, Read, Kinesthetic). Aplikasi e-learning yang digunakan dalam penelitian ini  adalah Care Learn dan Edmodo. Care Learn adalah aplikasi e-learning yang mempunyai fitur dapat menyajikan materi sesuai dengan gaya belajar siswa. Hasil pengujian yang dilakukan memperlihatkan bahwa metode e-learning berdasarkan gaya belajar ini memeliki efektivitas yang lebih tinggi dalam capaian hasil belajar, jika dibandingkan dengan metode e-learning biasa.

Article Details

How to Cite
Yuli Chulaelah, S. (2017). Penerapan Metode E-learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Komputer Terapan, 3(2), 241–250. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/1546

References

  1. Kandiah, Sivaneasan. Diabetes Melitus Tipe 2 Pada Anak. https://www.scribd.com/doc/150330547/Diabetes-Mellitus-Tipe-2-pada-anak. 2016
  2. Rahma, Fauziyah. Obesitas Pada Anak. https://www.scribd.com/doc/314331893/Obesitas-Pada-Anak. 2016
  3. Kementrian Kesehatan RI. Pedoman Gizi Seimbang. 2014
  4. Mairiza, Dewi. Contraint Programming: Suatu Pendekatan dalam Declarative Programming. JURNAL SISTEM INFORMASI, Vol. 1 No.1.September 2005
  5. Russel, J. Stuart and Norvig, Peter. Artificial Intelligent: A Modern Approach. Prentice Hall. 1995
  6. Fitri, Anisah,. Permana, Inggih,. Marsal, Arif. Penerapan Constraint Satisfaction Problem Pada Metode Priority Scheduling untuk Penjadwalan Khutbah Jum’at para Mubaligh di IKMI Pekanbaru. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. 2016
  7. Rossi, Francesca, Beek, van Peter, Walsh, Toby. Constraint Programming. Elsevier. 2006
  8. Beek, van Peter. Handbook of Constraint Programming: Backtracking Search Algorithms. Elsevier. 2006
  9. Coastera. Farady. Funny, Ermawati, Nomansa, Apni. Implementasi Algoritma Backtracking Pada Aplikasi Permainan Tradisional Dam-Daman Berbasis Java Desktop. Jurnal Rekursif. 2013
  10. Analisis dan Implementasi Engine Constraint Satisfaction Problem (CSP) dengan Menggunakan Algoritma Depth-First Search (DFS) with Backtrack dan Heuristic Most Constraining Variabel. Telkom University. 2008
  11. Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2010
  12. Tabel Kebutuhan Bahan Makanan Sehari. Pusat Diabetes dan Lipid Jakarta dan Instalasi Gizi. RS DR CIPTO MANGUNKUSUMO JAKARTA
  13. Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan RI. 2014