Main Article Content

Abstract

Bangunan bersejarah merupakan salah satu daya tarik di bidang pariwisata. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk dapat melihat bangunan bersejarah yang ada di suatu kota. Kota Palembang memiliki banyak bangunan bersejarah. Untuk membantu wisatawan mencari lokasi objek bangunan di kota Palembang, peta lokasi objek bangunan bersejarah dibuat sebagai media promosi. Namun, peta yang digunakan terbatas hanya dapat menampilkan gambar 2 dimensi, sehingga kurang menarik untuk dilihat oleh wisatawan. Pengembangan pada peta diperlukan agar dapat menampilkan visualisasi objek secara 3 dimensi, sehingga lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan peta pariwisata bangunan bersejarah dengan menggunakan visualisasi augmented reality.  Metode yang digunakan adalah metode research and development. Metode tersebut terdiri dari tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan pengujian. Hasil penelitian ini adalah peta pariwisata objek bangunan bersejarah di Kota Palembang dan aplikasi augmented reality berbasis Android mobile dengan memanfaatkan peta sebagai marker. Berdasarkan hasil pengujian fungsionalitas, semua deskrispsi pengujian merespon sesuai harapan dan dinyatakan valid. Penggunaan teknologi augmented reality terhadap peta pariwisata objek bangunan bersejarah, dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk menarik minat wisatawan. Dinas Pariwisata atau sektor penunjang wisata seperti hotel, penginapan, restoran dan biro perjalanan dapat menggunakan peta dan aplikasi ini sebagai media promosi  pariwisata di Kota Palembang.

Article Details

Author Biography

Mustika Mustika, Politeknik Palcomtech

Dosen Tetap bidang Ilmu DSS, Multimedia, Augmented Realty, Rekayasa Perangkat Lunak
How to Cite
Mustika, M., & Sugara, E. P. A. (2017). Pengembangan Peta Pariwisata Bangunan Bersejarah Kota Palembang Menggunakan Visualisasi Augemented Reality. Jurnal Komputer Terapan, 3(2), 251–260. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/1551

References

  1. Tahyudin,I. Fitriyanti,NA. Dewiyanti,N. Amin, MS. Firdaus, MY. and Utama, FPN., “Inovasi Promosi Obyek Wisata Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Melalui Layar Berbasis Androidâ€, Telematika, Vol.8 No.1. pp: 1-13, Februari 2015.
  2. Dharmawan,AB., and Lubis, C. “Perancangan Website Promosi Parawisata Indonesia Dengan Aplikasi Augmented Realityâ€, Proc. SEMNASTEKNOMEDIA online, Vol.5 No.1. pp: 4.7.31-4.7.36, 4 Februari 2017
  3. a,b] Mustika, and Sugara, EPA. “Desain Peta Interaktif Lokasi Bangunan Bersejarah Kota Palembangâ€, Prosiding SNST ke-8, PP: 122-127, Agustus 2017
  4. Yuen, S. Yaoyuneyong, G., and Johnson, E.†). Augmented Reality: An Overview and Five Directions for AR in Educationâ€, Journal of Educational Technology Development and Exchange, Volume 4, No. 1, Pp: 119-140, Oktober 2011.
  5. a,b] Yudiantika,AR. Pasinggi,ES. Sari,IP. and Hantono, BS. “Implementasi Augmented Reality Di Museum: Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Pengunjung Museumâ€, Proceddings of KNASTIK, pp: -, November 2013
  6. Geroimenko, V. “Augmented Reality Technology and Art: The Analysis and Visualization of Evolving Conceptual Models.†Information Visualisation (IV), 2012 16th International Conference (pp. 445-453). IEEE. September 2012.
  7. Gusman, R., and Apriyani, ME. “Analisis Pemanfaatan Metode Markerless User Defined Target Pada Augmented Reality Sholat Shubuhâ€, Jurnal Infotel Vol. 8 No.1, pp: 64-70. April 2016.
  8. Sugiyono, P., Dr. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€, Alfabeta: Bandung.Cetakan Ke-15. 2012.
  9. Mustaqbal, MS., Firdaus, RF., and Rahmadi, H., “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN)â€, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan (JITTER), Volume I, No 3, Agustus 2015.