Analisis IT Governance SIPKD di Kantor Pemerintahan Kota Tanjung Pinang Pendekatan COBIT Framework
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Tukino, T. (2018). Analisis IT Governance SIPKD di Kantor Pemerintahan Kota Tanjung Pinang Pendekatan COBIT Framework. Jurnal Komputer Terapan, 4(1), 10-20. Retrieved from //jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/1652

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kondisi tata kelola teknologi informasi di Kantor Pemerintahan Kota Tanjung Pinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Kantor Pemerintahan Kota Tanjung Pinang telah menerapkan tata kelola TI yang baik. Fokus Penelitian ini hanya pada 2 dominan COBIT 5.0 yaitu PO dan ME terdiri dari 80 detailed control objective sementara domain AI dan DS telah dinilai memenuhi standar pengelolaan teknologi informasi yang baik yaitu pada level 3 (defined). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner, wawancara dan obervasi secara langsung. Ketiga metode tersebut berpatokan pada model COBIT 5.0. Hasil pengolahan data akan digunakan untuk mencari kelemahan-kelemahan yang terdapat pada setiap domain. Temuan kelemahan atau masalah akan di bandingkan dengan kondisi ideal  yang telah di  tetapkan  COBIT 5.0 pada setiap levelnya, sehingga dapat diketahui rekomendasi yang cocok untuk diterapkan. Masalah utama yang ditemui adalah manajemen belum memahami arti pentingnya investasi pada bidang teknologi informasi, manajemen risiko yang belum dikelola dengan baik, dan kemampuan SDM yang masih kurang. Sehingga mengakibatkan kontrol teknologi menjadi lemah, biaya teknologi informasi yang tinggi tidak disertai dengan nilai balik dalam menigkatkan  efektifitas, efisiensi dan keuntungan.
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Djumiarti. Sistem Informasi Manajemen (Buku Ajar, pp. 1–104). Semarang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 2008.

Undang-Undang_NO_32. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah. Jakarta, Indonesia: Republik Indonesia, 2004.

Herri, S. IT Governance & Penggunaan COBIT Framework, 2(2), 219–237, 2010.

Noorhasanah, Wing Wahyu Winarno, Dani Adhipta. Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Berbasis Framework COBIT 5. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015 ISSN: 2302-3805, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 6 – 8, Februari 2015.

Ahmad Syamsudin, Emha Taufiq Lutfi. Evaluasi Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri Menggunakan Framework COBIT 5. Seminar Nasional TI dan Multimedia 2014, STIMIK AMIKOM Yogyakarta 19 Februari 2014, ISSN 2302-3805.

Jogiyanto dan Willy Abdillah, Sistem Tata Kelola Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi, 2011.

Dewi Ciptaningrum, Eko Nugroho, Dani Adhipta. Audit Keamanan Sistem Informasi pada Kantor Pemerintah Kota Yogyakarta Menggunakan COBIT 5. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 (SENTIKA 2015) ISSN: 2089-9815, Yogyakarta, 28 Maret 2015.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.