Main Article Content

Abstract

Pengaturan suhu pada wadah penampungan air mandi saat ini masih dilakukan secara manual dimana pengguna hanya bisa melakukannya saat berada di rumah. Hal ini membuat proses pemanasan air tidak dapat dilakukan dari jarak jauh ketika pengguna sedang tidak berada di rumah. Maka dengan permasalahan tersebut dirancanglah sebuah alat pengatur suhu air mandi dengan menggunakan smartphone berbasis android. Ketika Raspberry Pi menerima masukkan suhu dari pengguna, pemanas air akan bekerja sesuai suhu yang diinginkan pengguna dan akan berhenti bekerja ketika suhu yang diinginkan telah tercapai, kemudian aktif kembali ketika suhu air telah mencapai titik terendah yang dibatasi oleh program. Pengujian dilakukan beberapa kali untuk setiap jenis pengujiannya. Tingkat akurasi sensor DS18B20 adalah sebesar 98,86%. Tingkat akurasi relay adalah sebesar 96,67%. Tingkat akurasi input suhu dari aplikasi android dengan sensor DS18B20 dan termometer adalah 99,90% dan 97,41%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari berbagai jenis pengujian, keberhasilan rata-rata dalam mengatur suhu air mandi dari jarak jauh yaitu 95,19%.

Article Details

How to Cite
Yani, J. I., Surya, I., & Akbar, M. (2018). Perancangan dan Implementasi Pengatur Suhu Air Mandi Otomatis Berbasis Android: Android, Raspberry Pi, Air, Suhu. Jurnal Komputer Terapan , 4(2), 28–39. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/1715

References

  1. Darmawan, Dwi Setyo. (2015). Rancang Bangun Sistem Mobile Robot Pendeteksi Objek Berbasis Raspberry Pi B+. Laporan Proyek Akhir. Palembang. Politeknik Negeri Sriwijaya.
  2. Iqbal, Muhamad. (2017). Perancangan dan Implementasi Alat Pengendali Suhu Air Berbasis Mikrokontroler. Laporan Proyek Akhir. Bandung. Universitas Telkom.
  3. Khairunnas, Muhammad Dio. (2016). Perancangan dan Implementasi Pengaktifan Water Heater dan Pemantauan Suhu dan Ketinggian Air pada Bak Mandi dengan Sensor Ultrasonik dan Sensor Suhu Menggunakan Arduino Berbasis Android. Laporan Proyek Akhir. Bandung. Universitas Telkom.
  4. Kurniawan, Kukuh Hartantyo. (2011). Penstabil Temperatur Air Berbasis Mikrokontroler. Laporan Proyek Akhir. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
  5. Sitorus, L. Kristanto Adynata. (2009). Perancangan Pemanas Air Kolam Otomatis Berbasis ATMega 8535. Laporan Proyek Akhir. Medan. Universitas Sumatera Utara.
  6. Syamsuddin, Eko. (2007). Perancangan Alat Pengatur Suhu Air dan Pengisian Bak Air Secara Otomatis Melalui Short Message Service Berbasis Mikrokontroler. Laporan Proyek Akhir. Jakarta. Universitas Tarumanagara.
  7. Pratama, Edo Safrenta. (2008). Perancangan dan Realisasi Pemanas Air Otomatis Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Laporan Proyek Akhir. Bandung. Universitas Telkom.