Main Article Content
Abstract
Keywords: Platform, Agile, Systematic Literature Review.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 Jurnal Komputer TerapanÂ
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
- Ardiyansyah Dan Risky Pratama. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Kredit (Sijudit) Berbasis Web Dengan Metode Extreme Programming Pada Pt. Heroes Adhimulia Pontianak. Jurnal Informatika Kaputama (Jik), Vol. 5 No. 2
- Ariesta, A. Et Al. (2021). Penerapan Metode Agile Dalam Pengembangan Application Programming Interface System Pada Pt Xyz. Jurnal Coreit, Vol.7, No.1.
- Bismi, W. Dan T. Asra. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Mahfudzot Untuk Pondok Pesantren Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (Semnas Ristek) E-Issn:2527-5941
- Borman, R. Indra, A. Thyo Priandika Dan A. Rahman Edison. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (Xp) Pada Aplikasi Investasi Peternakan. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Vol. 8, No. 3.
- Dewi, K. C., P. I. Ciptayani, I. Wayan, And R. Wijaya. (2017). Agile Project Management Pada Pengembangan E-Musrenbang Kelurahan Benoa Bali Agile Project Management On E-Musrenbang Development In Benoa Village Bali. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik)
- Dewi, Meta Amalya Dan Rafi Irham. (2020). Penerapan Agile Scrum Pada Pengembangan Aplikasi Bimbingan Daring Skripsi Mahasiswa. Jurnal Sistem Komputer Dan Kecerdasan Buatan Vol. Iv No.2.
- Ependi, U. (2018). Implementasi Model Scrum Pada Sistem Informasi Seleksi Masuk Mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan It (Jpit), Vol. 5, No. 2.
- Febrianto, A. Rama, A. Wulansari Dan L. Latipah. (2020). Pengembangan Sistem Pengelolaan Dan Pemantauan Proyek Dengan Metode Agile Pola Scrum. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, Vol. 6, No. 2.
- Gamayanto, Indra (2018). Inovasi & Pengembangan E-Commerce-Crm Dalam Menghadapi Globasasi: Studi Kasus-Tokopedia.Com Innovation & Development E-Commerce-Crm In The Facing Of Globasasi: The Case Study Of Tokopedia.Com. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi.
- Hadinata, N. Dan Muhammad Nasir. (2017). Implementasi Metode Scrum Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan (Study Kasus : Penjualan Sperpart Kendaraan). Jurnal Ilmiah Betrik, Vol. 08, No.01.
- Hadji, S Dan M. Taufik. (2019). Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2 Implementasi Metode Scrum Pada Pengembangan Aplikasi Delivery Order Berbasis Website (Studi Kasus Pada Rumah Makan Lombok Idjo Semarang). Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2.
- Harrison, R., Flood, D. & Duce, D (2013). Usability Of Mobile Applications: Literature Review And Rationale For A New Usability Model. J Interact Sci 1, 1. Https://Doi.Org/10.1186/2194-0827-1-1
- Haryana, K.S. (2019). Penerapan Agile Development Methods Dengan Framework Scrum Pada Perancangan Perangkat Lunak Kehadiran Rapat Umum Berbasis Qr-Code. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 13, No. 2, Pp. 70–79.
- Imaduddin, Z. Et Al. (2019).Aplikasi Monitoring Perkembangan Janin (Antenatal Care) Dengan Metode Scrum Berbasis Perangkat Mobile. Jurnal Teknologi Terpadu, Vol. 5, No. 1.
- Jelantik, A. Sri Wahyuni, P. Trisna Hady Permana Dan N. Made Estiyanti. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Point Of Sales Menggunakan Metode Agile Development Pada Toko Eka Putra Sukawati. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi.
- K. K., Mote, T. S., Rup, M., & Mote, S. (N.D.). (2017). Sistem Aplikasi E - Commerce Toko “Sarah†Mote Pringsewu Berbasis Web Lisi Putriani Jurusan Sistem Informasi Stmik Pringsewu Lampung Jl. Wisma Rini No. 09 Pringsewu Lampung Sarah Mote Merupakan Sebuah Usaha Yang Mengembangkan Berbagai Macam Kerajinan, (9), 28–33.
- Karini, Zulia Dan Fiby Nur Afiana. (2019). Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Tingkat Dasar. The 4th Conference On Information Technology, Information System, And Electrical Engineering (Citisee).
- Kustanto, Prio, R. Wisnu P. Pamungkas Dan Ahmad Fathurrozi. (2021). Pembangunan Aplikasi E-Magang Perguruan Tinggi Dengan Memanfaatkan Sdlc Scrumpada Agile Project Management. Journal Of Information And Information Security (Jiforty) Vol. 2, No.12, Juni 2021, 99-112.
- Larasati, I., Yusril, A. N., & Zukri, P. Al. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. Sistemasi, 10(2), 369. Http://Doi.Org/10.32520/Stmsi.V10i2.1237
- Mahendra, I, D. Tresno, And E. Yanto. (2018). Agile Development Methods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web (Studi Kasus : Bank Bri Unit Kolonel Sugiono). Jurnal Teknologi Dan Open Source: Vol 1 No. 02.
- Miharja, M. N. Dwi. (2021). Implementasi Agile Development Pada Pengembangan Aplikasi Cetak Sertifikat Online Munasba Uiversitas Al-Azhar Indonesia. Indonesian Journal Of Business Intelligence (Ijubi), Vol. 3, No. 2, P. 67.
- Mukrodin. (2021). Agile - Scrum Method Dalam Pengembangan Sistem Informasi Invetory Berbasis Website. Smart Comp Vol. 10 No. 2
- Murdiani, D. Dan A. Yudhana. (2020). Implementasi Agile Method Dalam Pengembangan Jurnal Elektronik Di Lembaga Penelitian Non Pemerintahan (Ngo). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik) Vol. 7, No. 4.
- Nurzaman, F. (2020). Pengembangan Sistem Otomatisasi Tagihan Menggunakan Metode Agile Software Development. Jurnal Ikra-Ith Informatika Vol 4 No 1.
- Pallangan, M. T., V. C. Poekoel, And A. M. Sambul. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Autisme Pada Balita Berbasis Android. E-Journal Teknik Informatika Vol 10, No. 1 (2017), Issn : 2301-8364.
- Pratama, E. Bayu. (2017). Pendekatan Metodologi Extreme Programming Pada Aplikasi E-Commerce Berbasis M-Commerce Studi Kasus: Toko Buku An’nur Di Pontianak. Jurnal Ilmiah Betrik, Vol. 08, No.01.
- Pratama, M. A., A. Putra Kharisma, Dan A. Hendra Brata. (2019). Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Vol. 3, No. 3, Maret 2019, Hlm. 2761-2767.
- Ramdhani, E. Chandra, R. Ratnawati, Dan C. Daulika Nugraha. (2019). Sistem Informasi Peminjaman Dan Pembayaran Kredit Usaha (Sipapeda) Menggunakan Model Extreme Programming (Study Kasus : Dapm Jembar Kabisa Babakancikao Purwakarta). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan It, Vol. 4, No. 2, Pp. 93–99.
- Salsabila, S., A. Trisnadoli Dan I. Muslim. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Menggunakan Metode Agile Dengan Dynamic System Development Model Guna Mendukung Gender Mainstreaming Strategy (Studi Kasus: Politeknik Caltex Riau). Jurnal Teknik, Vol. 40, No. 3, Pp. 195–202.
- Santosa, Okssa Ami Dan Hari Setiaji. (2020). Pengembangan Aplikasi Ecommerce Dengan Metode Feature Driven Development. Jurnal Automata Vol 1 No 2.
- Sari, W. M. Et Al. (2020). Penerapan E-Commerce Menggunakan Metode Extreme Programming Pada Umkm Kabupaten Muratara. Jusikom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas Vol 05 No 02.
- Senapartha, I. K. D. (2021). Implementasi Single Sign-On Menggunakan Google Identity, Rest Dan Oauth 2.0 Berbasis Scrum. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, Vol. 7, No. 2.
- Setiawan, Rudi Dan Wahyu Nugroho. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android. Journal Of Information Systems And Informatics Vol. 3, No. 2
- Suharno, H. R., Gunantara, N., & Sudarma, M. (2020). Analisis Penerapan Metode Scrum Pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Dalam Industri & Organisasi Digital. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 19(2), 203.Http://Doi.Org/10.24843/Mite.2020.V19i02.P12
- Suryantara, I. G. (2017). Merancang Aplikasi Dengan Metode Xp. Jakarta: Elex Media Computindo.
- Tofid, Eddy Julianto, Dan Y. Harjoseputro. (2020). Revamp Aplikasi Teman Bumil Lebih Interaktif Dengan Pendekatan Agile. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), Vol. 4, No. 5, Pp. 923–929.
- Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia. Indonesian Journal Of Information Systems, 1(2), 63. Http://Doi.Org/10.24002/Ijis.V1i2.1916
- Utomo, Prawido, Setiawan Dan Franky Wibisono Prayitno. (2018). Perancangan Dashboard Sistem Informasi Untuk Agile Manajemen Proyek Dengan Menggunakan Jira – Studi Kasus Di Pt. Flashiz Indonesia. Jurnal Sisfotek Global: Vol 1 No. 02.
- Wahyudiyono. (2017). Transaksi E-Commerce Masyarakat Jawa Timur E-Commerce Transaction Of East Java Community Abstrac T. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(3).
- Widayati, Q Dan M. Nasir. (2018). Metode Mobile-D Dalam Rancang Bangun Perangkat Lunak Kamus Istilah Ekonomi. Jurnal Ilmiah Matrik, Vol.20 No.1.
References
Ardiyansyah Dan Risky Pratama. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Kredit (Sijudit) Berbasis Web Dengan Metode Extreme Programming Pada Pt. Heroes Adhimulia Pontianak. Jurnal Informatika Kaputama (Jik), Vol. 5 No. 2
Ariesta, A. Et Al. (2021). Penerapan Metode Agile Dalam Pengembangan Application Programming Interface System Pada Pt Xyz. Jurnal Coreit, Vol.7, No.1.
Bismi, W. Dan T. Asra. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Mahfudzot Untuk Pondok Pesantren Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (Semnas Ristek) E-Issn:2527-5941
Borman, R. Indra, A. Thyo Priandika Dan A. Rahman Edison. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (Xp) Pada Aplikasi Investasi Peternakan. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Vol. 8, No. 3.
Dewi, K. C., P. I. Ciptayani, I. Wayan, And R. Wijaya. (2017). Agile Project Management Pada Pengembangan E-Musrenbang Kelurahan Benoa Bali Agile Project Management On E-Musrenbang Development In Benoa Village Bali. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik)
Dewi, Meta Amalya Dan Rafi Irham. (2020). Penerapan Agile Scrum Pada Pengembangan Aplikasi Bimbingan Daring Skripsi Mahasiswa. Jurnal Sistem Komputer Dan Kecerdasan Buatan Vol. Iv No.2.
Ependi, U. (2018). Implementasi Model Scrum Pada Sistem Informasi Seleksi Masuk Mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan It (Jpit), Vol. 5, No. 2.
Febrianto, A. Rama, A. Wulansari Dan L. Latipah. (2020). Pengembangan Sistem Pengelolaan Dan Pemantauan Proyek Dengan Metode Agile Pola Scrum. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, Vol. 6, No. 2.
Gamayanto, Indra (2018). Inovasi & Pengembangan E-Commerce-Crm Dalam Menghadapi Globasasi: Studi Kasus-Tokopedia.Com Innovation & Development E-Commerce-Crm In The Facing Of Globasasi: The Case Study Of Tokopedia.Com. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi.
Hadinata, N. Dan Muhammad Nasir. (2017). Implementasi Metode Scrum Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan (Study Kasus : Penjualan Sperpart Kendaraan). Jurnal Ilmiah Betrik, Vol. 08, No.01.
Hadji, S Dan M. Taufik. (2019). Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2 Implementasi Metode Scrum Pada Pengembangan Aplikasi Delivery Order Berbasis Website (Studi Kasus Pada Rumah Makan Lombok Idjo Semarang). Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2.
Harrison, R., Flood, D. & Duce, D (2013). Usability Of Mobile Applications: Literature Review And Rationale For A New Usability Model. J Interact Sci 1, 1. Https://Doi.Org/10.1186/2194-0827-1-1
Haryana, K.S. (2019). Penerapan Agile Development Methods Dengan Framework Scrum Pada Perancangan Perangkat Lunak Kehadiran Rapat Umum Berbasis Qr-Code. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 13, No. 2, Pp. 70–79.
Imaduddin, Z. Et Al. (2019).Aplikasi Monitoring Perkembangan Janin (Antenatal Care) Dengan Metode Scrum Berbasis Perangkat Mobile. Jurnal Teknologi Terpadu, Vol. 5, No. 1.
Jelantik, A. Sri Wahyuni, P. Trisna Hady Permana Dan N. Made Estiyanti. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Point Of Sales Menggunakan Metode Agile Development Pada Toko Eka Putra Sukawati. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi.
K. K., Mote, T. S., Rup, M., & Mote, S. (N.D.). (2017). Sistem Aplikasi E - Commerce Toko “Sarah†Mote Pringsewu Berbasis Web Lisi Putriani Jurusan Sistem Informasi Stmik Pringsewu Lampung Jl. Wisma Rini No. 09 Pringsewu Lampung Sarah Mote Merupakan Sebuah Usaha Yang Mengembangkan Berbagai Macam Kerajinan, (9), 28–33.
Karini, Zulia Dan Fiby Nur Afiana. (2019). Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Tingkat Dasar. The 4th Conference On Information Technology, Information System, And Electrical Engineering (Citisee).
Kustanto, Prio, R. Wisnu P. Pamungkas Dan Ahmad Fathurrozi. (2021). Pembangunan Aplikasi E-Magang Perguruan Tinggi Dengan Memanfaatkan Sdlc Scrumpada Agile Project Management. Journal Of Information And Information Security (Jiforty) Vol. 2, No.12, Juni 2021, 99-112.
Larasati, I., Yusril, A. N., & Zukri, P. Al. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. Sistemasi, 10(2), 369. Http://Doi.Org/10.32520/Stmsi.V10i2.1237
Mahendra, I, D. Tresno, And E. Yanto. (2018). Agile Development Methods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web (Studi Kasus : Bank Bri Unit Kolonel Sugiono). Jurnal Teknologi Dan Open Source: Vol 1 No. 02.
Miharja, M. N. Dwi. (2021). Implementasi Agile Development Pada Pengembangan Aplikasi Cetak Sertifikat Online Munasba Uiversitas Al-Azhar Indonesia. Indonesian Journal Of Business Intelligence (Ijubi), Vol. 3, No. 2, P. 67.
Mukrodin. (2021). Agile - Scrum Method Dalam Pengembangan Sistem Informasi Invetory Berbasis Website. Smart Comp Vol. 10 No. 2
Murdiani, D. Dan A. Yudhana. (2020). Implementasi Agile Method Dalam Pengembangan Jurnal Elektronik Di Lembaga Penelitian Non Pemerintahan (Ngo). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik) Vol. 7, No. 4.
Nurzaman, F. (2020). Pengembangan Sistem Otomatisasi Tagihan Menggunakan Metode Agile Software Development. Jurnal Ikra-Ith Informatika Vol 4 No 1.
Pallangan, M. T., V. C. Poekoel, And A. M. Sambul. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Autisme Pada Balita Berbasis Android. E-Journal Teknik Informatika Vol 10, No. 1 (2017), Issn : 2301-8364.
Pratama, E. Bayu. (2017). Pendekatan Metodologi Extreme Programming Pada Aplikasi E-Commerce Berbasis M-Commerce Studi Kasus: Toko Buku An’nur Di Pontianak. Jurnal Ilmiah Betrik, Vol. 08, No.01.
Pratama, M. A., A. Putra Kharisma, Dan A. Hendra Brata. (2019). Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Vol. 3, No. 3, Maret 2019, Hlm. 2761-2767.
Ramdhani, E. Chandra, R. Ratnawati, Dan C. Daulika Nugraha. (2019). Sistem Informasi Peminjaman Dan Pembayaran Kredit Usaha (Sipapeda) Menggunakan Model Extreme Programming (Study Kasus : Dapm Jembar Kabisa Babakancikao Purwakarta). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan It, Vol. 4, No. 2, Pp. 93–99.
Salsabila, S., A. Trisnadoli Dan I. Muslim. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Menggunakan Metode Agile Dengan Dynamic System Development Model Guna Mendukung Gender Mainstreaming Strategy (Studi Kasus: Politeknik Caltex Riau). Jurnal Teknik, Vol. 40, No. 3, Pp. 195–202.
Santosa, Okssa Ami Dan Hari Setiaji. (2020). Pengembangan Aplikasi Ecommerce Dengan Metode Feature Driven Development. Jurnal Automata Vol 1 No 2.
Sari, W. M. Et Al. (2020). Penerapan E-Commerce Menggunakan Metode Extreme Programming Pada Umkm Kabupaten Muratara. Jusikom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas Vol 05 No 02.
Senapartha, I. K. D. (2021). Implementasi Single Sign-On Menggunakan Google Identity, Rest Dan Oauth 2.0 Berbasis Scrum. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, Vol. 7, No. 2.
Setiawan, Rudi Dan Wahyu Nugroho. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android. Journal Of Information Systems And Informatics Vol. 3, No. 2
Suharno, H. R., Gunantara, N., & Sudarma, M. (2020). Analisis Penerapan Metode Scrum Pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Dalam Industri & Organisasi Digital. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 19(2), 203.Http://Doi.Org/10.24843/Mite.2020.V19i02.P12
Suryantara, I. G. (2017). Merancang Aplikasi Dengan Metode Xp. Jakarta: Elex Media Computindo.
Tofid, Eddy Julianto, Dan Y. Harjoseputro. (2020). Revamp Aplikasi Teman Bumil Lebih Interaktif Dengan Pendekatan Agile. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), Vol. 4, No. 5, Pp. 923–929.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia. Indonesian Journal Of Information Systems, 1(2), 63. Http://Doi.Org/10.24002/Ijis.V1i2.1916
Utomo, Prawido, Setiawan Dan Franky Wibisono Prayitno. (2018). Perancangan Dashboard Sistem Informasi Untuk Agile Manajemen Proyek Dengan Menggunakan Jira – Studi Kasus Di Pt. Flashiz Indonesia. Jurnal Sisfotek Global: Vol 1 No. 02.
Wahyudiyono. (2017). Transaksi E-Commerce Masyarakat Jawa Timur E-Commerce Transaction Of East Java Community Abstrac T. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(3).
Widayati, Q Dan M. Nasir. (2018). Metode Mobile-D Dalam Rancang Bangun Perangkat Lunak Kamus Istilah Ekonomi. Jurnal Ilmiah Matrik, Vol.20 No.1.