Main Article Content

Abstract

Teknologi virtualisasi merupakan topik yang mulai ramai diteliti oleh para peneliti. Hal tersebut tidak terlepas dari kemampuan teknologi tersebut dalam memangkas biaya penyediaan infrastruktur dan operasional secara mandiri bagi setiap servis yang akan dilayani. Melalui teknologi ini, sebuah layanan dapat dikonfigurasikan tanpa mempengaruhi konfigurasi dari layanan lainnya meskipun dalam satu mesin fisik yang sama. Dengan teknologi ini satu mesin fisik dijadikan sebuah sumber daya bersama yang dapat dibagi dan dipakai oleh beberapa layanan sekaligus. Setiap layanan tersebut ditempatkan dalam sebuah wadah atau kontainer. Setiap kontainer dari mesin virtual memiliki sumber daya masing-masing. Sumber daya tersebut dialokasikan dan diatur oleh hypervisor-nya. Hypervisor diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu Native/Bare-metal Hypervisor dan Hosted Hypervisor. Proxmox Virtual Environment (ProxmoxVE) merupakan sistem operasi mesin virtual yang dibangun dari sistem operasi Linux Debian dengan kernel RHEL yang telah dimodifikasi. Dalam penelitian ini, akan diteliti performa dari virtualisasi server menggunakan ProxmoxVE. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ketergantungan antar mesin virtual yang berjalan di atas ProxmoxVE. Pengujian dilakukan dengan memberi pembebanan sesuai skenario pengujian yang ada. Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa ProxmoxVE dapat menjalankan mesin virtual secara penuh layaknya baremetal hypervisor. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya saling keterkaitan antar mesin virtual yang diujikan.

Article Details

How to Cite
Harijanto, B., & Ariyanto, Y. (2015). DESAIN DAN ANALISIS KINERJA VIRTUALISASI SERVER MENGGUNAKAN PROXMOX VIRTUAL ENVIRONTMENT. Jurnal Komputer Terapan , 1(2), 9–18. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/56

References

  1. Intel® Virtualization Technology (Intel® VT), Intel, http://www.intel.com/content/www/us/en/virtualization/virtualization-technology/intel-virtualization-technology.html, (13 Agustus 2015)
  2. AMD Virtualization, AMD, http://www.amd.com/en-us/solutions/servers/virtualization, (13 Agustus 2015)
  3. Strobl, Marius (2013). “Virtualization for Reliable Embedded Systems”. Munich: GRIN Publishing GmbH. pp. 5–6. ISBN 978-3-656-49071-5.
  4. Simon M.C. Cheng (31 October 2014). “Proxmox High Availability”. Packt Publishing Ltd. pp. 41–. ISBN 978-1-78398-089-5.