Main Article Content

Abstract

Metode yang digunakan oleh AR ini adalah menggunakan sistem melacak dan deteksi marker sebagai trigger untuk menampilkan benda virtual melalui media visual (kamera).Marker yang digunakan pada penelitian ini termasuk Markerless yang dideteksi menggunakan metode SIFT. Pengujian dilakukan dengan meletakkan brosur yang bertindak sebagai markerless yang diletakkan pada sebuah ruangan kemudian kamera akan mengarahkan ke arah brosur tersebut. Brosur yang bertindak sebagai image target dalam penelitian ini dilakukan 4 gambar. Parameter yang diuji adalah jumlah keypoint dan matching dengan kondisi jarak,rotasi,sudut pandang( derajat ) dan cahaya. Berdasarkan pengujian didapat hasil dari jumlah keypoint dan matching, terdeteksi dengan nilai matching diatas 39,sedangkan tak terdeteksi dengan nilai dibawah range nilai matching tersebut.

Article Details

How to Cite
Siswanti, S. D., & Handoko, T. D. (2016). Deteksi Keypoint pada Markerless Augmented Reality untuk Design Furniture Room. Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 179–194. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/216