Main Article Content

Abstract

Dengan menerapkan metode Profile Matching untuk penilaian Kompetensi Pedagogik sebagai  proses penilaian kinerja Guru berprestasi untuk lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Madiun dapat meningkatkan obyektifitas dan akurasi data. Data-data yang dikumpulkan merupakan data riwayat penilaian kinerja Guru berupa dokumen dan pernyataan serta data pendukung berupa dokumen aturan-aturan dan tata laksana proses penilaian kinerja guru berprestasi. Berdasarkan pengujian sistem didapatkan tingkat akurasi penilaian dengan tiga sampel alternatif memiliki nilai hasil rata-rata sebesar 95,67 % yang dihitung dari membandingkan dengan rata-rata hasil akhir penilaian kompetensi pedagogik secara manual. Selisih angka rata-rata 4,33% lebih kecil karena mekanisme pengambilan keputusan dengan metode profile matching mengasumsikan bahwa terdapat tingkat variabel prediktor yang ideal yang harus dipenuhi oleh subyek. Penilaian menggunakan Profile Matching memiliki tingkat obyektifitas yang lebih baik karena untuk mengukur nilai setiap indikator variabel penilaian diturunkan lagi dengan sub-indikator dan dibobotkan dengan menggunakan parameter penilaian serta dihitung dengan menggunakan mekanisme pengambilan keputusan dengan mengasumsikan bahwa terdapat tingkat variabel prediktor yang ideal yang harus dipenuhi oleh subyek. Berbeda dengan proses penilaian manual yang hanya memasukkan nilai tingkat keterpenuhan dari setiap indikator dengan menuliskan angka dan dihitung hanya dengan menjumlahkannya.

Article Details

Author Biography

Ari Suhartanto

Sedang menempuh Program Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
How to Cite
Suhartanto, A., Kusrini, K., & Henderi, H. (2016). Decision Support System Untuk Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Profile Matching. Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 149–158. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/203

References

  1. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009
  2. Sibarani, Yuli Novita .2015 . “Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Pegawai Berdasarkan Psikogram Dengan Metode Profil Matching†. Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) Volume : V, Nomor : 3 , Pebruari 2015 . ISSN : 2339-210X
  3. Sari, Bety Wulan .2015 . “Perbandingan Metode Profile Matching Dan Simple Additive Weighting Pada Penentuan Jurusan Siswa Kelas X SMA N 2 Ngaglik†. Jurnal Ilmiah DASI Vol. 16 No. 1 Maret 2015, hlm 16-22 . ISSN: 1411-3201
  4. Afijal, dkk.2014 . “Decision Support System Determination for Poor Houses Beneficiary Using Profile Matching Method†. Academic Research International Vol. 5(4) July 2014 . ISSN: 2223-9944, eISSN: 2223-9553
  5. Faisal, Edi . 2014 . “Implementasi Metode Profile matching untuk Penentuan Penerimaan Usulan Penelitian Internal Dosen STMIK El Rahma†. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 6 No 1 - 2014 . ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online)
  6. Muqtadir, Asfan dan Purdianto, Irwan . 2013 . “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus di PT: Industri Kemasan Semen Gresik)†. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2013 - ISSN: 1907-5022
  7. Hamzah, dkk.2010 . “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard†. Seminar Nasional Informatika 2010(semnasIF 2010) UPN Veteran Yogyakarta, 22 Mei 2010 . ISSN: 1979-2328
  8. Asnawati dan Kanedi, Indra .2012 . “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Karyawan Perseroan Terbatas Pelayaran Kumafa Lagun Marina Bengkulu†. Jurnal Media Infotama Vol. 8 No. 1 Februari 2012 . ISSN 1858 - 2680
  9. Adhar, Deny .2014 . “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan JabatanKaryawan pada PT.Ayn dengan Metode Profile Matching†. Jatisi, Vol. 1 No. 1 September 2014 . ISSN:2407-4322
  10. Hasibuan, Z. 2007 . “Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer danTeknologi Informasi†. Penerbit Erlangga Jakarta
  11. Landey, F. J., Barnes, J. L., & Murphy, K. R . 1978. “Correlates of perceived fairness and accuracy of performance evaluation†Journal of Applied Psychology, 63, 751-754