Rancang Bangun Puzzle al-Quran Elektronik Mengunakan Mikrokontroler dan Modul Suara DFR0299

Keywords

Puzzle al-Quran, Mikrokontroler, Modul Suara DFR0299

How to Cite

Hidayat, H. (2020). Rancang Bangun Puzzle al-Quran Elektronik Mengunakan Mikrokontroler dan Modul Suara DFR0299. Jurnal Komputer Terapan , 6(1). https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3427

Abstract

Paper ini memaparkan perancangan sebuah perangkat puzzle al-Quran elekronik yang dapat digunakan untuk pengenalan al-Qur’an pada anak usia dini melalui permainan puzzle. Permainan puzzle sendiri dibedakan pada puzzle manual dan permainan puzzle elektronik. Kedua jenis permainan puzzle manual maupun permainan elektronik memiliki kelemahan tersendiri. Permainan puzzle manual tidak memiliki sistem pengoreksian puzzle untuk menilai benar atau tidak setiap potongan puzzle yang dipasang jika bentuk puzzle memiliki bentuk yang sama. Sedangkan permainan puzzle elektronik yang menggunakan perangkat komputer atau pun perangkat smartphone dapat mengurangi pergerakan motorik fisik seperti halnya pada permainan puzzle manual. Metoda yang digunakan adalah metoda eksperimen dengan melakukan percobaan-percobaan pada setiap rangkaian elektronik yang digunakan. Perangkat yang dibangun adalah permainan puzzle manual yang dilengkapi perangkat elektronik agar dapat memberikan koreksi pada saat terjadi kesalahan pemasangan puzzle. Perangkat elektronik yang dibangun terdiri mikrokontroler sebagai pengolah data, modul suara DFR0299 sebagai modul yang berfungsi untuk menjalankan dokumen suara serta LCD dan LED sebagai penampil panduan permainan puzzle. Hasil perancangan menunjukkan perangkat yang dirancang telah berfungsi dengan baik. Setiap puzzle surat al-Qur’an yang disusun dapat melantunkan suara surat yang dipilih.
https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3427

References

[1] D. Puspita, W. Calista, and S. Suyadi, “Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Usia Dasar: Masalah Dan Perkembangannya,” JIP J. Ilm. PGMI, vol. 4, no. 2, pp. 170–182, 2018.
[2] T. Andriani, “Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini,” J. Sos. Budaya, vol. 9, no. 1, pp. 121–136, 2012.
[3] E. Damayanti, N. Nurhasanah, N. Nurafia, and E. E. Kamal, “Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,” Indones. J. Early Child. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 10–24, 2019.
[4] U. Hasanah, “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, vol. 5, no. 1, pp. 115–134, 2016.
[5] K. Dewi, “Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 81–96, 2017.
[6] B. Rani, D. Balavendran, T. Malla, T. Miles, J. Tunks, and G. Mehta, “Spatial Intelligence as Related to Success on Regular and Constrained Electronic Puzzle Formats,” vol. 17, no. 1, pp. 0–8, 2017.
[7] O. W. S. Huang, H. N. H. Cheng, and T. W. Chan, “Number jigsaw puzzle: A mathematical puzzle game for facilitating players’ problem-solving strategies,” Proc. - Digit. 2007 First IEEE Int. Work. Digit. Game Intell. Toy Enhanc. Learn., pp. 130–134, 2007.
[8] Atmel Corporation, “8-bit AVR Microcontroller with 32KBytes In-System Programmable Flash,” Atmel Corporation, San Jose, California, USA, 2011.
[9] National Semiconductor, “54150/DM54150/DM74150, 54151A/DM54151A/DM74151A Data Selectors/Multiplexers.” [Online]. Available: https://pdf1.alldatasheet.com/datasheet-pdf/view/7828/NSC/DM74151AN.html.
[10] National Semiconductor, “54153/DM54153/DM74153 Dual 4-Line to 1-Line Data Selectors/ Multiplexers.” [Online]. Available: http://pdf1.alldatasheet.com/datasheet-pdf/view/7827/NSC/74153.html.
[11] Motorola, “Dual 1-of-4 Decoder/Demultiplexer.” [Online]. Available: https://www.uni-kl.de/elektronik-lager/417705.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.