Main Article Content

Abstract

PT. Chevron Pacific Indonesia memiliki suatu program pelatihan untuk mengembangkan sumber daya manusia. Program pelatihan diadakan oleh pihak HR(Human Resource)dan ditujukan kepada pegawai yang baru bergabung atau memiliki pengalaman kerja kurang dari lima tahun di PT. Chevron Pacific Indonesia. Program ini membutuhkan sebuah sistem informasi berbasis web yang bisa diakses oleh peserta pelatihan . Sistem yang sudah ada masih menggunakan metode manual dalam mengolah data, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh informasi dan menghasilkan laporan. Penelitian ini membahas bagaimana merancangan dan membangun sistem informasi yang dikembangkan menggunakan teknologi Java dengan menggunakan Spring Framework.Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi berbasis web pada sisi controller yang dapat menghubungkan anatara sisi view dan sisi model. Sistem ini menerapkan konsep MVC, yaitu konsep yang memisahkan antara tiga lapisan diantaranya lapisan pemodelan data(Model), lapisan desain tampilan sistem(View), dan lapisan pengelola alur sistem(controller). Penelitian ini akan menitik beratkan pada pengembangan dan perancangan sistem dalam sisi controller yaitu membahas bagaimana alur sistem bekerja dan bagaimana peran controller dalam sistem ini. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi Pengembangan Sumber Daya Manusia yang memepermudah pihak HR dalam memperoleh informasi atau laporan dan pembahasan bagaimana kinerja controller dalam menangani permintaan data dari level view.

Article Details

How to Cite
Sukardi, O., Sari, J. N., & Wibowo, A. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengembangan Sumber Daya Manusia menggunakan Teknologi Java pada Level Control (Studi Kasus PT. Chevron Pacific Indonesia). Jurnal Komputer Terapan , 1(1), 10–20. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/7

References

  1. Hall, Mark: (2012). Java Introduction. Di ambil 26 Januari 2014 dari http://www.britannica.com/EBchecked/topic/573631/Sun-Microsystems-Inc/288357/Java
  2. Harahap, R. P. (2008). Teori Teknologi Java. Universitas Sumatra Utara.
  3. H.Arief, S. Bayu. (2012). "AMP C (Pengenalan Java) Bab 4". Laporan Tugas Akhir. Program Studi Ilmu Komputer Universitas Diponegoro.
  4. Jeni. (2013). Diambil 23 November 2013 dari todaypdf.org/jeni-web-programming-bab-7-mvc.html
  5. Toha, Mudzakkir. (2010). "Implementasi Framework Spring MVC untuk Pembuatan Sistem Informasi Managemen E Commerce". Laporan Tugas Akhir. Program Diploma III Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret.

Most read articles by the same author(s)