Aplikasi Fuzzy Logic Memprediksi Intensitas Cahaya Lampu Pada Kandang Ternak Ayam Broiler
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

fuzzy logic
ayam broiler
intensitas cahaya lampu
suhu
kelembabab udara

How to Cite

Pamungkas, C., Manehat, D., & Mau, S. (2019). Aplikasi Fuzzy Logic Memprediksi Intensitas Cahaya Lampu Pada Kandang Ternak Ayam Broiler. Jurnal Komputer Terapan, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.35143/jkt.v5i1.2137

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan bidang peternakan besar, hampir setiap penduduk di Indonesia adalah peternak ayam, sapi, kambing terutama ayam Broiler. Di kota Kupang, NTT  ayam Broiler sangatlah diminati oleh masyarakat sebagai ayam ras pedaging. Dalam pemeliharaan, ayam Broiler perlu perawatan khusus karena ayam Broiler rentan terhadap penyakit sehingga pertumbuhan ayam akan terhambat, faktor-faktor seperti suhu dan kelembapan udara juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam. Masalah yang dihadapi ialah pada masa brooding para peternak masih sering meduga-duga kondisi suhu dan kelembaban udara dalam kandang. Sehingga peternak memberikan intensitas cahaya lampu yang kurang tepat, dapat menurunkan jumlah produksi dan kualitas serta menambah resiko kerugian selama pemeliharaan. Oleh karena itu, permasalahan dapat diatasi dengan cara menggunakan aplikasi fuzzy logic. Dalam penelitian ini, metode fuzzy logic yang digunakan adalah metode Mamdani dengan metode Mean of Maximum (MOM) untuk defuzzifikasinya. Sedangkan tool yang digunakan untuk membangun aplikasi adalah Macromedia Dreamweaver 8. Aplikasi fuzzy logic pada kandang ternak ayam Broiler berhasil dikembangkan dan menghasilkan output intensitas cahaya lampu secara akurat dan tepat sehingga sangat membantu para peternak untuk mendapatkan hasil yang optimal. Hasilnya dapat ditampilkan pula berdasarkan kecamatan dalam bentuk grafik.  
https://doi.org/10.35143/jkt.v5i1.2137
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Mountney, G. J., 1983, “Poultry Products Technology”, Publishing Company, INC. Westport.

Hartono, 2001, “Berternak Daging Ayam Ras Super”, CV Gunung Mas, Pekalongan.

Kartasudjana, R. dan E. Suprijatna, 2006, “Manajemen Ternak Unggas”, Penebar Swadaya, Jakarta.

Setianto , J., 2010, “Program Pencahayaan untuk Ayam Pedaging”, Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Hazami, S., Ing. S. Hardienata, Iqbal Suriansyah, 2016, Model Pengatur Suhu Dan Kelembaban Kandang Ayam Broiler Menggunakan Mikrokontroler ATMega328 Dan Sensor DHT11, Tugas Akhir, Unpublished, Universitas Pakuan, Bogor.

Badan Pusat Statistik, 2015, Populasi Ternak Unggas Menurut Kecamatan dan Jenis Ternak 2013, URL = https://kupangkota.bps.go.id/statictable/2015 /03/26/58/populasi-ternak-unggas-menurut-kecamatan-dan-jenis-ternak-2013.html, diakses pada tanggal 23 November 2017.

Supriyono, 2005, “Analisis Perbandingan Logika Fuzzy Dengan Regresi Berganda Sebagai Alat Peramalan”, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – BATAN, Yogyakarta, 2007.

Bria, Yulianti P., 2012, “Pengembangan Aplikasi Fuzzy Logic Controller Untuk Pengereman Kereta Api Di Stasiun Dan Simulasinya”, Seminar Nasional Informatika 2012 (semnasIF 2012), Yogyakarta, Juni 2012.

Saleh, Alfa., 2015, “Implementasi Metode Fuzzy Mamdani Dalam Memprediksi Tingkat Kebisingan Lalu Lintas”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015, vol 3.6, hal 31-36.

Wolfer James, George Chad, 2006,” Fuzzy Logic Control for Robot Maze Traversal: an Undergraduate Case Study”, São Paulo, BRAZIL.

Abou Seraphin, Kulkarni Manali, Stachowicz Marian, 2010, “Actuated Hydraulic System Fault Detection: A Fuzzy Logic Approach,” University of Minnesota, Duluth.

Kusumadewi, S. dan Hari P, 2004, “Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan”, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Bano, 2015, Aplikasi Fuzzy Logic untuk Memprediksi Kondisi Pertumbuhan Jamur Tiram Putih dengan Inputan Suhu, Kelembaban Udara dan Intensitas Cahaya, Tugas Akhir, Unpublished, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.