Main Article Content

Abstract

Tingkat perkembangan penggunaan teknologi informasi di Indonesia semakin canggih dan tidak dapat dihindari. Semakin bertambahnya zaman, smartphone hadir dengan spesifikasi tinggi dan harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat di Indonesia. Sehingga kurangnya informasi tentang spesifikasi smartphone sangat mempengaruhi pemilihan smartphone yang digunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibangunlah Sistem Pendukung Keputusan untuk pemilihan sebuah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sistem ini dibangun menggunakan metode Simple Additive Weight (SAW) dan metode Fuzzy Associative Memory (FAM). Terdapat dua pengujian yang dilakukan yaitu pembandingan perhitungan manual dengan perhitungan yang dilakukan sistem. Hasilnya tidak ada perbedaan antara metode manual dan system. Pengujian terakhir dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap responden riil. Hasilnya responden sangat setuju terhadap sistem dirancang dapat membantu konsumen dalam pemilihan smartphone.

Article Details

How to Cite
Marrina, M., Zul, M. I., & Arifin, S. P. (2016). Sistem Pendukung Keputusan untuk Pembelian Smartphone Menggunakan Metode Simple Additive Weight dan Fuzzy Associative Memory. Jurnal Komputer Terapan , 2(1), 27–40. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/61

References

  1. Strategy Analytics. Diambil 20 Mei 2015 dari http://id.techinasia.com/penjualan-smartphone-global-q1-2015/
  2. Gary B, S., Thomas J, C., & Misty E, V. (2007). Discovering Computers : Fundamentals, 3th ed. (Terjemahan). Jakarta: Salemba Infotek.
  3. Yulianti, Ita. Tahyudin, Imam. dan Nurfaizah (2014). Sistem Pendukung keputusan Seleksi Beasiswa Pendidikan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting: STMIK AMIKOM Purwokerto.
  4. Bunga, Munengsih Sari. dan Eka Ismantohadi (2012). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web dan SMS dengan Metode Fuzzy Associative Memory. Indramayu: Politeknik Indramayu.
  5. Lubis, Rafli Sanjani (2014). Implementasi Fuzzy Multiple Attribute Decision Making untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah, Medan: STMIK Budi Darma Medan
  6. Adhi, Antono. (2010). Pengambilan Keputusan Pemilihan Handphone Terbaik dengan Analytical Hierarchy Process (AHP). Semarang: Dosen Fakultas Teknik Universitas Stikubank
  7. Williams, B.K. and Sawyer, S.C. (2011). “Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications. (9th edition)”. New York: McGraw-Hill.
  8. Kosko, B. (1992). ”Fuzzy System as Universal Approximator”. IEEE Int. Conf. Fuzzy System 1153-1162. San Diego
  9. Kusumadewi, Sri dan Hari Purnomo, (2004). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan,Yogyakarta : Graha Ilmu.