Main Article Content

Abstract

Antrian adalah suatu keadaan di mana seseorang harus menunggu gilirannya untuk mendapatkan pelayanan, yang terjadi akibat oleh sekelompok orang yang membutuhkan jasa pelayanan pada waktu yang bersamaan. Salah satu aktivitas mengantri terjadi pada saat melakukan pendaftaran pasien pada suatu Puskesmas. Di masa setelah pandemi, kita sebagai masyarakat di anjurkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, salah satunya adalah menjaga jarak (physical distancing) atau menghindari kerumunan. Namun, di beberapa tempat yang harus didatangi oleh masyarakat, seperti klinik atau puskesmas, kerumunan tidak bisa dihindari karena banyak masyarakat yang sakit dan harus mengantri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Disamping itu pelayanan yang cepat dan baik juga merupakan salah satu target layanan dari setiap tempat pelayanan publik termasuk puskesmas. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pekanbaru, Puskesmas Rumbai merupakan tempat pelayanan kesehatan di wilayah Pekanbaru yang menangani 6 Kelurahan dengan jumlah penduduk kurang lebih 83 ribu jiwa. Setiap harinya rata-rata kunjungan ke puskesmas Rumbai adalah 35 - 60 pasien. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat maka dibangun sistem antrian online berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan My SQL sebagai databasenya. Aplikasi ini dengan menerapkan metode FIFO (First In First Out) yang berfungsi sebagai pendaftaran online sehingga setiap pasien untuk mendapatkan informasi nomor antrian dan perkiraan waktu pelayanan sehingga tidak perlu menunggu langsung di Puskesmas dalam waktu yang cukup lama. Aplikasi antrian yang dibuat dilengkapi dengan fitur monitoring laju antrian yang sedang berjalan yang dapat diakses secara real-time. Informasi nomor antrian diimplementasikan menggunakan SMS Gateway sebagai notifikasi setelah pengambilan antrian berhasil dilakukan. Hasil pengujian dari aplikasi ini berhasil dilakukan dengan 100% fitur berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Seluruh fungsi dalam aplikasi memiliki respond time yang baik, dengan pengujian yang dilakukan terhadap 10 user dengan masing-masing request sebanyak 10 dalam waktu 1 detik.

Keywords

Antrian, Metode FIFO, Puskesmas, Aplikasi Real-Time Antrian Aplikasi Real-Time Metode FIFO Puskesmas

Article Details

How to Cite
fadhli, mardhiah, Dini Nurmalasari, & Memen Akbar. (2023). Penggunaan Metode FIFO pada Real-Time Monitoring Antrian Pendaftaran Pasien Puskesmas Berbasis Web. Jurnal Komputer Terapan, 9(1), 39–49. https://doi.org/10.35143/jkt.v9i1.5915

References

  1. M. Irfan, Idris, and T. Rahman, “Penerapan Model Antrian Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Di PT. Sumber Indah Perkasa,” J. Manag. Ind. Eng. ( JMIE ) Sekol. Tinggi Teknol. Nusant. Lampung, vol. 1, no. 1, pp. 48–58, 2022.
  2. R. Kurniati and Jaroji, “Sistem Antrian Multi Channel Rumah Sakit Berbasis,” J. Inovtek Polbeng, vol. 3, no. 2, pp. 140–146, 2018.
  3. F. Nabyla, R. Cipta, and S. Hariyono, “Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan pada Rumah Sakit,” J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 168–177, 2019, doi: 10.33633/joins.v4i2.3078.
  4. M. K. Nengsih and N. V. Yustanti, “Analisis Sistem Antrian Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Padmalalita Muntilan,” Manag. Insight J. Ilm. Manaj., vol. 12, no. 1, pp. 68–78, 2017.
  5. Y. G. Nengsih, “Optimalisasi Antrian Menggunakan Metode Single Channel Single Phase ( Studi Kasus DR . Reksodiwiryo Padang ),” J. Ilm. Perekam Dan Inf. Kesehat. IMELDA, vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JIPIKI.
  6. A. S. Septiani, P. A. Wigati, and E. Y. Fatmasari, “Gambaran Sistem Antrian Pasien Dalam Optimasi Pelayanan Di Loket Pendaftaran Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Fatmawati,” J. Kesehat. Masyarakat, UNDIP, vol. 5, pp. 1–14, 2017, [Online]. Available: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm%0AGAMBARAN.
  7. Sumijan, D. Yuliana, and J. Santony, “Model Antrian Multi Channel Single Phase Berdasarkan Pola Kedatangan Pasien untuk Pengambilan Obat di Apotik,” J. Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 4, pp. 7–11, 2019, doi: 10.35134/jidt.v1i3.12.
  8. A. D. Fuanasari, A. Suparwati, and P. A. Wigati, “Analisis Alur Pelayanan Dan Antrian Di Loket Pendaftaran Pasien Rawat Jalan,” J. Kesehat. Masyarakat, UNDIP, vol. 2, no. 1, pp. 15–21, 2014.
  9. A. Hidayat and Samsuryadi, “Sistem Antrian Berbasis Web dengan Notifikasi Estimasi Pemanggilan dan Fitur Prioritas,” Annu. Res. Semin. 2016, vol. 2, no. 1, pp. 287–290, 2016.
  10. Y. Susanti, E. Widiyastuti, Y. Dewi, I. Hanifah, and E. Reza, “Kinerja Sistem Antrian dan Simulasi Model Antrian Pada Appoinment Registration System di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Al Islam Bandung,” Pros. SNaPP, no. 2011, pp. 263–268, 2015.
  11. A. Pratiwi, E. F. Ripanti, and A. S. Sukamto, “Model Antrian Pendaftaran Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit ( Studi Kasus di RSUD Sultan Syarif Mohammad Alkadrie Pontianak ),” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 2, no. August, pp. 267–274, 2020, doi: 10.26418/jp.v6i2.41466.
  12. M. F. Masykur, “Perancangan Sistem Antrian Pelanggan Perbankan Berbasis Mobile,” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
  13. A. R. Erlita and L. F. Narulita, “Aplikasi Pendaftaran Antrian Online dengan Metode Multi Channel Single Phase Berbasis Android,” Universitas 17 Agustus 1945, 2020.
  14. I. Prasetya, “Go Car Wash dengan fitur Antrian Online Berbasis Web di PT. Sarana Putra Makmur Indonesia,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.
  15. Y. Apridiansyah and Fitriani, “Aplikasi Antrian Pembayaran Uang Kuliah Berbasis Android Menggunakan Algoritma FIFO Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu Pendahuluan,” J. Sist. Inf. dan e-Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 91–103, 2021.