Main Article Content

Abstract

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru bertanggung jawab untuk mengurusi kebersihan kota Pekanbaru. Dalam mengelola kebersihan, pihak DLHK memiliki beberapa program dalam mengedukasi masyarakat dalam hal pengurangan sampah seperti mengelola sampah rumah tangga melalui Bank Sampah. Saat ini DLHK Pekanbaru telah memiliki aplikasi Bank Sampah. Aplikasi tersebut masih dalam uji coba pemakaian. Selama uji coba, ditemukan adanya fitur yang masih berubah karena adanya perubahan bisnis proses. Kemudian adanya permasalahan penggunaan aplikasi yang masih belum familiar oleh pengguna nasabah sehingga kesulitan menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan transaksi sampah. Hal ini dapat menyebabkan tidak tercapainya peningkatan jumlah nasabah seiring dengan kemudahan pelayanan dalam proses transaksi di Bank. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan pengujian kualitas dalam hal penggunaan system (Quality in Use) untuk karakteristik Effectiveness dan Satisfaction. Berdasarkan hasil evaluasi Effectiveness diperoleh nilai maksimal pada hasil UAT kedua yaitu seluruh task sudah berjalan dengan benar dan tidak ditemukannya error terhadap fungsi. Sedangkan hasil evaluasi Satisfaction telah memenuhi kebutuhan pengguna untuk setiap sub karakteristik kualitas yaitu Usefulness, Trust, Pleasure dan Comfort. Setiap measurement menghasilkan nilai persentase skor berada pada rentang 80%-100% yang memiliki interpretasi sangat puas atau sangat setuju untuk setiap sub karakteristik kualitas yang dievaluasi.

Keywords

Aplikasi Bank Sampah, DLHK Pekanbaru, Effectiveness, Satisfaction Aplikasi Bank Sampah DLHK Pekanbaru Effectiveness service satisfaction

Article Details

Author Biographies

Yuli Fitrisia, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

Mardhiah Fadhli, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer
How to Cite
Fitrisia, Y., & Fadhli, M. (2022). Evaluasi Effectiveness dan Satisfaction Quality in Use Model pada Aplikasi Bank Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Jurnal Komputer Terapan , 8(1), 67–83. https://doi.org/10.35143/jkt.v8i1.5244

References

  1. UIN Suska, “Gambaran Umum Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.” http://repository.uin-suska.ac.id/12570/9/9. BAB IV_2018121ADN.pdf (accessed Mar. 18, 2020).
  2. Y. Fitrisia and M. Fadhli, “Revitalisasi Pengelolaan Transaksi Bank Sampah berbasis Sistem Informasi pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru,” Pekanbaru, 2020.
  3. ISO/IEC, “ISO/IEC 25010: Systems and software engineering — Systems and software Quality Requirements and Evaluation (SQuaRE) — System and software quality models,” 2017. https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso-iec:25010:ed-1:v1:en.
  4. ISO/IEC, “ISO/IEC 25022:Systems and software engineering — Systems and software quality requirements and evaluation (SQuaRE) — Measurement of quality in use,” 2016. https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso-iec:25022:ed-1:v1:en.
  5. M. Harun, “Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak pada Aplikasi Trello untuk Kolaborasi Proyek,” J. Akrab Juara, vol. Vol 6 No 1, 2020, [Online]. Available: https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1375.
  6. M. Harun, “Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak dengan ISO/IEC 25010:2011 (Studi Kasus Aplikasi First Aid pada Platform Android),” J. Akrab Juara, vol. Vol 3 No3, 2018, [Online]. Available: https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/316.
  7. Reza Maliki, K. R. S. Wiharja, and K. A. Laksitowening, “Implementasi ISO 25010:2010 untuk Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak (Studi Kasus : I-Gracias Universitas Telkom),” Universitas Telkom, 2014.
  8. Roger S Pressman, Software Engineering A Practitioners Approach, 8th ed. Mc. Graw Hill, 2014.
  9. R. Supriatna, “Implementasi Dan User Acceptance Test (UAT) Terhadap Aplikasi E-Learning Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) 3 Kota Banda Aceh,” ), Universitas Islam Negeri Ar-Raniry., Darussalam, Banda Aceh, 2019.
  10. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta, 2017.
  11. Riduwan and Sunarto, Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: CV Alfabeta, 2013.

Most read articles by the same author(s)