Evaluasi Functionality dan Usability External Quality Sistem Informasi Proyek Akhir Politeknik Caltex Riau
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Fitrisia, Y., & Fadhli, M. (2017). Evaluasi Functionality dan Usability External Quality Sistem Informasi Proyek Akhir Politeknik Caltex Riau. Jurnal Komputer Terapan , 3(2), 193 - 202. Retrieved from //jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/1530

Abstract

Evaluasi kualitas perangkat lunak perlu dilakukan agar menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas baik, tahan lama, dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. System informasi Manajemen Proyek Akhir (PA) merupakan salah satu perangkat lunak inti dalam mendukung kegiatan akademik di Politeknik Caltex Riau (PCR). Perangkat lunak ini digunakan secara rutin oleh mahasiswa dan dosen untuk mengelola pelaksanaan kegiatan PA. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi dari sisi kualitas perangkat lunak yang dibangun. Evaluasi kualitas perangkat lunak dapat dilakukan dengan mengevaluasi kualitas eksternal dari perangkat lunak menggunakan metrik ISO 9126-2. Evaluasi ini dilakukan dengan cara mengukur perilaku system pada tahap testing sampai dengan tahap penggunaan perangkat lunak. Evaluasi ini dapat diimplementasikanmenggunakan model kualitas ISO 9126-1 yang sudah terstandarisasi secara internasional. Dalam penelitian ini akan diangkat dua karakteristik kualitas yaitu Functionality dan Usability. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan menggunakan metrik ISO 9126-2 diperoleh hasil bahwa aspek functionality subfaktor suitability memberikan hasil yang baik dari sisi kesesuaian system dengan kebutuhan pengguna, namun memiliki hasil yang kurang baik dari sisi kestabilan fungsi. Sedangkan subfaktor accuracy dan compliance sudah memiliki hasil yang baik. Aspek usability subfaktor understandability, learnability, operability, dan attractiveness sudah memberikan hasil yang baik.
PDF (Bahasa Indonesia)

References

D. C. Happyanto, N. Junus, and D. S. SS, Buku Panduan Penyusunan & Pelaksanaan Proyek Akhir Politeknik Caltex Riau Edisi II (Revisi 2012). Pekanbaru, 2012.

R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioners Approach, 8th ed. Mc. Graw Hill, 2014.

Y. Fitrisia, “Penerapan Model Kualitas ISO 9126-1 untuk Sistem Informasi Inventaris Aset dengan Memanfaatkan Metrik Berorientasi Objek,” Institut Teknologi Bandung, 2014.

D. P. Naragani and P. Uniyal, “Comparative Analysis of Software Quality Models,” Int. J. Comput. Sci. Manag. Res., vol. 2, no. 3, pp. 1911–1913, 2013.

D. Jamwal, “Analysis of Software Quality Models for Organizations,” Int. J. Latest Trends Comput. (E-ISSN 2045-5364), vol. 1, no. 2, pp. 19–23, 2010.

S. Srivastava and R. Kumar, “Indirect Method to Measure Software Quality using CK-OO Suite,” in International Conference on Intelligent Systems and Signal Processing (ISSP), 2013, pp. 47–51.

I. JTC1/SC7, “ISO/IEC 9126-2: Software engineering - Product quality - Part 2: External metrics,” 2002.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Akdon and Riduwan, Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta, 2007.

Sudjana, Metode Statistika. Bandung: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.