Main Article Content

Abstract

E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa yang dilakukan oleh konsumen melalui sistem elektronik seperti internet, WWW (Word Wide Web), atau jaringan komputer lainnya. Pemanfaatan website dan sosial media sebagai mesin penjual sudah mulai berkembang sejalan dengan kemajuan e-commerce. Bank sampah merupakan sumber daya bahan sampah yang dapat didaur ulang dan dijadikan produk layak pakai yang keberadaannya hingga saat ini telah berlangsung namun belum memiliki media promosi online yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, dengan adanya E-Commerce Produk Daur Ulang Sampah dapat membantu pihak Bank Sampah DLHK Pekanbaru dalam
melakukan penjualan maupun melakukan promosi produk daur ulang sampah. Sistem ini dirancang menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database management system, dan Xampp untuk server localhost web. Setelah e-commerce di implementasikan di lingkungan Bank Sampah DLHK Kota Pekanbaru, maka dilakukan pengujian terhadap pemanfaatan e-commerce dengan menggunakan metode webqual 4.0. Pengujian pemanfaatan e-commerce dengan metode webqual4.0 ini melibatkan 27 responden dan 24 butir pernyataan. Berdasarkan data yang didapat, maka diperoleh hasil uji pemanfaatan e-commerce dari faktor kegunaan 84,68%, faktor kualitas informasi 83,91%, faktor kualitas interaksi 84,81% dan faktor kepuasan pengguna 85,03%

Keywords

e-commerce webqual4.0 produk daur ulang sampah E-Commerce Produk Daur Ulang Sampah

Article Details

How to Cite
fadhli, mardhiah, Dini nurmalasari, & Fitrisia, Y. (2021). Pengujian Kualitas Website E-Commerce Produk Daur Ulang Sampah Menggunakan WebQual4.0. Jurnal Komputer Terapan , 7(2), 261–271. https://doi.org/10.35143/jkt.v7i2.5186

References

  1. P. Irfansyah and S. Haryono, “Model E-Commerce Produk Daur Ulang Bank Sampah Menggunakan UML,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 3, no. 2, p. 163, 2017, doi: 10.26418/jp.v3i2.22702.
  2. S. Hidayatullah et al., “Website Based E-Commerce Waste Recycling Products E-Commerce Produk Daur Ulang Sampah Berbasis Website,” Procedia Eng. Life Sci., vol. 1, no. 2, 2021.
  3. D. Irmawati, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis,” J. Ilm. Orasi Bisnis, vol. 6, 2011.
  4. R. S. Arpila;Regigs, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI E-COMMERCE DALAM PEMASARAN KAIN PERCA SEBAGAI PRODUK KREATIF,” J. Tata Busana, vol. 9, no. 2019, pp. 137–147, 2020.
  5. D. Nur ‘Izzatul Hikmah, “Pemanfaatan Sampah Plastik sebagai Potensi E-Commerce Berbasis Komunitas,” J. Bina Desa, vol. 1, no. 1, pp. 16–21, 2019.
  6. D. Achmad Ali Nur Huda, “Pengembangan E-Commerce Sebagai Sarana Penjualan Dan Pembelian Produk Daur Ulang Sampah Plastik,” Pros. Natl. Semin. Account. Financ. Econ., vol. 1, no. 5, pp. 163–169, 2021.
  7. D. F. Rusham, Endang Hendrayanti, Joko Pramono, “PEMASARAN PRODUK KERAJINAN HASIL DAUR ULANG SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS WEB DI KELURAHAN BAHAGIA KECAMATAN BABELAN KABUPATEN BEKASI.”
  8. Honainah, “E-MARKETING PRODUK DAUR ULANG SAMPAH BERBASIS WEB DAN ANDROID,” Pros. SNATIF, vol. 4, pp. 235–242, 2017.
  9. P. Pusfitaningrum and Y. Malau, “Analisis Kualitas Website Jd . Id Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0,” J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 2, pp. 109–116, 2018.
  10. J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, p. 23, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.1.23-31.
  11. A. Sudradjat, Selviana, and W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 5, no. 1, pp. 21–30, 2020.