Main Article Content

Abstract

PT IBM memiliki banyak klien di Indonesia, ini membuat persebaran produk (dalam hal ini mesin atm) yang semakin meluas di wilayah Indonesia. Hal ini memicu PT IBM untuk menempatkan engineer dibanyak wilayah untuk memenuhi kebutuhan services dan maintenance. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan sebuah sistem informasi geografis untuk pemetaan mesin dan tracking engineer dengan pemanfaatan geolocation yang bertujuan untuk menampilkan peta digital beserta lokasi mesin dan engineer di seluruh Indonesia, yang akan memudahkan PT IBM dalam pemberian tugas kepada engineer untuk services dan maintenance ke lokasi mesin terdekat. Sistem ini dibangun menggunakan beberapa software open source yaitu, Node.JS dan Express.JS yang merupakan server-side javascript web platform, Handlebars untuk template engine, MySQL sebagai database storage, Postman yang berfungsi sebagai API (Application Program Interface) testing, Google Maps API untuk implementasi peta digital dan juga Firebase Cloud Messaging (FCM) untuk platform mengirim notifikasi dari web ke device engineer.

Article Details

Author Biography

Rachmat Fajrin, Politeknik Negeri Jakarta

Mahasiswa Teknik Informatika dan Komunikasi di Politeknik Negeri Jakarta. Selama karir akademis, telah menjalani praktik kerja lapangan (PKL) di beberapa perusahaan di Jakarta termasuk PT Javas Karya Tungga dan IBM indonesia.
How to Cite
Fajrin, R. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Geografis Berbasis Node.JS untuk Pemetaan Mesin dan Tracking Engineer dengan Pemanfaatan Geolocation pada PT IBM Indonesia. Jurnal Komputer Terapan , 3(1), 33–40. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/962

References

  1. Prahasta, Eddy, “Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis”, Bandung: Informatika,2001.
  2. Rosa, A.S dan Salahuddin, M, “Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek)”, Bandung: Modula, 2011.
  3. Turban, Efrain, “Decision Support System and Intelligent System”, Yogyakarta: Andi, 2005.
  4. Kurniawan, Rulianto. “PHP & MySQL untuk Orang Awam”, Palembang: Maxikom, 2010.
  5. Google Inc, https://firebase.google.com/docs/cloud-messaging/ (diakses tanggal 16 Desember 2016)