Main Article Content

Abstract

AbstrakFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Riau telah menerapkan infrastruktur teknologi informasi dalam menjalankan organisasinya tetapi tanpa menggunakan kerangka kerja arsitektur yang baik. Tanpa adanya kerangka kerja arsitektur beberapa permasalahan terjadi pada infrastruktur teknologinya antara lain perangkat keras (hardware) yangkinerja tidak optimal, perangkat lunak (software) yang digunakan memerlukan upgrade versi terbaru, dan jaringan (network) seringmengalamikendaladalam koneksi intranet maupun internet juga dalam pengembangan. FMIPA Universitas Riau perlu membuat perencanaan arsitektur teknologi yang baru dengan menggunakan kerangka kerja yang sesuai yaitu TOGAF (The Open Group Architecture Framework) ADM (Architecture Development Method). Penggunaan kerangka kerja bertujuan untuk menyelaraskan strategi dengan strategi teknologi untuk memberikan hasil yang optimal bagi FMIPA Universitas Riau. Pada laporan penelitian perencanaan arsitektur tekonologi informasi ini tahapan yang harus dilakukan pada TOGAF ADM, antara lain: fase persiapan, visi arsitekur, arsitektur teknologi, serta peluang dan solusi. Pada akhir tahap perencanaan, dijelaskan analisis serta strategi implementasinya.Setelah dilakukan tahapanpada fase persiapan, visi arsitekur, arsitektur teknologi, serta peluang dan solusi akhirnya akan terlihat gap antara kondisi sekarang dengan yang diusulkan untuk masa mendatang. Pada komponen Perangkat Keras 53% dipertahankan,  18% mengalami pergantian dan 29% pengadaan baru untuk mengganti dan menambah untuk pegawai yang belum memiliki komputer. Komponen Perangkat Lunak 49% yang dipertahankan 51% mengalami pergantian dengan meng-upgradesoftware. Komponen jaringan 84,5% dipertahankan dan 15,5% mengalami pergantian LAN.  Kata kunci: Arsitektur Teknologi, Framework, TOGAF ADM

Article Details

How to Cite
Fitriansyah, A., Sukamto, S., & Elfizar, E. (2017). Perencanaan Arsitektur Teknologi Informasi Menggunakan TOGAF Framework (Studi Kasus: Bagian Pelayanan pada Mahasiswa FMIPA Universitas Riau). Jurnal Komputer Terapan, 3(2), 149–158. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/1468

References

  1. Indrajit, R.E., “Peranan Teknologi Informasi bagi Perguruan Tinggiâ€, Aptikom, Jakarta, 2011.
  2. Wiyana dan Wing W.W., “Sistem Panjaminan Mutu Pendidikan Dengan TOGAF ADM Untuk Sekolah Menengah Kejuruanâ€, Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 1(1): 7-14, 2015.
  3. Yunis, R., Kridanto S., dan Erwin S.P., “Pengembangan Model Arsitektur Enterprise untuk Perguruan Tinggiâ€, JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 8(1): 9-18, 2010.
  4. Subaeki, B., “Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Menggunakan Metode Enterprise Architecture Planning (Studi Kasus : Universitas Purwakarta - Purwakarta)â€, Jurnal Informatika, 1(1), 2014.

Most read articles by the same author(s)