Main Article Content

Abstract

Elastisitas zat padat, fluida statik, fluida dinamik, dan termodinamika merupakan empat materi yang diajarkan pada pelajaran fisika untuk siswa SMA kelas XI. Berdasarkan hasil wawancara, metode konvensional dengan bantuan media konvensional masih menimbulkan kesulitan dikarenakan keterbatasan informasi, serta kurangnya alat peraga untuk menunjang pembelajaran. Sehingga diperlukannya suatu media pembelajaran baru yang dapat menjelaskan materi fisika secara interaktif dan dipergunakan sebagai alternatif media pembelajaran baru untuk membantu siswa dalam memahami materi. Oleh karena itu, akan dibangun sebuah aplikasi pembelajaran tentang fisika dengan materi elastisitas zat padat, fluida statik, fluida dinamik dan termodinamika berbasis desktop yang akan menampilkan simulasi  penerapan dan materi tersebut. Aplikasi ini telah berhasil dibangun dengan fungsionalitas yang berjalan baik serta materi yang tervalidasi untuk membantu siswa dalam memahami materi yang disajikan dengan diperolehnya peningkatan yang lebih unggul dibandingkan media konvensional, yakni 21,33% untuk elastisitas zat padat, 14% untuk fluida statik, 16% untuk fluida dinamik, dan 19% untuk termodinamika. Serta dapat dijadikan alternatif media pembelajaran interaktif untuk guru dalam menyampaikan materi yang disajikan dengan diperolehnya hasil pengujian kepuasan sebesar 89,21% dengan kategori sangat baik serta pengujian usabilitas sebesar 73,20% yang menunjukkan aplikasi telah bersifat acceptable.

Keywords

Desktop Application of 3D Simulation Learning Media Physics Desktop Application of 3D Simulation Learning Media Physics

Article Details

How to Cite
Dewi, M. ., & Yanti, M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Simulasi 3D Pembelajaran Fisika Berbasis Fisika Berbasis Desktop Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Bukit Batu). Jurnal Komputer Terapan, 7(1), 133–142. https://doi.org/10.35143/jkt.v7i1.3727

References

  1. Kanginan, M. (2016). Fisika 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
  2. Santyasa, I. W. (2007). Model Pembelajaran Inovatif. Model-Model Pembelajaran Inovatif, 14.
  3. Santyasa, I. W. (2007). Karakteristik Media Pembelajaran Tiga Dimensi. Media Pembelajaran, 15.
  4. Lestari, S. E. (2018, Oktober 29). Wawancara Kebutuhan Tugas Akhir. (M. Yanti, Interviewer)
  5. Juwariah, Hafsah, & Erlangga, D. (2014). Pendahuluan. Aplikasi Simulasi Berbasis Multimedia untuk Mekanika Fluida Pada Fisika, 1.
  6. Isnaeni. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Pembelajaran Reaksi Kimia Untuk Praktikum Tingkat SMU Berdasarkan Kurikulum Pendidikan 2013. Jurnal Fakurltas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
  7. Felita, Lestari, I., & Dewi, M. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3D Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Desktop untuk SIswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.