Main Article Content

Abstract

Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan membuka peluang bagi pendidik untuk mewujudkan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Berbagai produk pembelajaran berbasis teknolgi informasi diciptakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya yaitu media pembelajaran online yang dikenal dengan e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran pada mata diklat aplikasi basis data di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen pembelajaran berupa RPP, pedoman penggunaan e-learning serta web e-learning, dan instrumen pengumpulan data berupa tes tatap muka, tes online dan lembar observasi. Mengukur  aktivitas siswa diamati menggunakan lembar observasi pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media e-learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.  

Article Details

How to Cite
Utami, I. S. (2016). Implementasi E-Learning Menggunakan CMS Moodle Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 169–178. Retrieved from https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/211